Tol Bocimi Bikin Dilema

Tol-Bocimi

RADARSUKABUMI.com – Sejak pemberlakuan tarif Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Jumat (1/2) lalu, dinilai beberapa pihak membuat sisi dilematis kepada pengendara. Apakah kembali menggunakan jalan Raya Ciawi-Sukabumi, atau tetap menggunakan jalur bebas hambatan sepanjang 15,3 kilometer itu dengan harga tinggi.

Pengamat Transportasi, Budi Arif mengatakan, ada dua faktor yang akan dilihat pengedara atau pengguna jalan tol. Yakni, keinginan dan kemampuan untuk membayar tarif tol. Akan tetapi, masyarakat juga akan melihat waktu tempuh tol dan jalur eksisiting yang menjadi pertimbangan. “Karena dalam benak masyarakat, akan mempertanyakan untuk apa membayar jika waktu tempuh tol sama saja seperti melintasi jalur eksisiting,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Ia menuturkan, dalam penetapan tarif tol, konsepnya ialah pembangunan tol masih berkaitan dengan investasi bagi investor. Tentu ada analisisi financial. Budi menjelaskan, analisis tersebut mengacu kepada benefit pengoperasian dibagi biaya pembangunan.

“Jadi artinya, ada yang namanya ekonomi rekayasa, itu masuk di dalam ranah bisnis plannya. Misalkan Jagorawi itu sudah lama dari tahun 1973, jadi investor sudah balik modal dan hanya mencari keuntungan saja untuk maintenance. Tarifnya juga tidak tinggi,” tuturnya.

Budi mengatakan, jika tarif tol Bocimi Seksi I dirasa terlalu mahal, tentu penghitungan investasi melihat dari pekerjaan sebelumnya. Yakni, pembebasan lahan dan lain sebagainya. Kata dia, nilai tersebut akan masuk ke dalam benefit yang dibagi cost. “Tarif dimungkinkan bisa turun jika melihat waktu konsesi investor sudah balik modal. Investor itu waktunya 20-30 tahun,” katanya.

Seperti diketahui, sesuai ketetapan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), ketentuan tarif Tol ruas Ciawi Cigombong dengan Transaksi Gerbang Ciawi Selatan, Gol l Rp1.500, Gol ll Rp2.500, Gol lll Rp2.500. Gol lV Rp3.000 dan Gol V Rp3.000. Sedangkan, untuk Gerbang Caringin dan Cigombong 1 Gol I Rp12.000, GoI II Rp18.000, Gol III Rp18.000, Gol IV Rp24.000 dan Gol V Rp 24.000. (rp1)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *