Warga Cibadak Minta Sampah Diangkut Setiap Hari

CIBADAK — Sejumlah warga Kampung/Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan banyaknya tumpukan sampah di Jalan Raya Suryakencana yang menimbulkan bau tak sedap menganggu warga yang berada di sekitar, Minggu (3/1).

Dari informasi yang diperoleh koran ini, akibat semrautnya tumpukan sampah itu menimbulkan aroma busuk sampai tercium ke pemukiman warga. “Warga disini banyak yang kesal karena sampah dibiarkan menumpuk itu sangat mengganggu warga sekitar dengan bau busuk dan membuat kumuh lingkungan,” keluh warga sekitar Yanti Yuharti (38) kepada Radar Sukabumi, kemarin (3/2).

Menurutnya, pengangkutan sampah tersebut dilakukan hanya tiga kali dalam seminggu oleh petugas. Otomatis, terjadi penumpukan di gardu penampungan sampah hingga berserakan. “Tentunya, selain menimbulkan bau busuk juga sangat menggangu estetika lingkungan menjadi kumuh,” tuturnya.

Hal senada dilontarkan warga lainnya, Jamaludin (34) kondisi tersebut sudah berlangsung cukup lama, sampai banyak warga yang mengeluhkan bau tak sedap dari sampah tersebut. “Seharusnya pengangkutan sampah itu dilakukan minimal dua hari sekali agar tidak terjadi penumpukan sampai berserakan,” sahutnya.

Sebab itu Jamal meminta, pemerintah bisa menyikapi persoalan tersebut secepatnya karena dampaknya sangat dirasakan masyarakat sekitar. “Selain itu, pemerintah perlu menambah gardu sampah dan melakukan pengangkutannya setiap hari agar tigak terjadi penumpukan,” harapnya. (bam/d)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *