Perangi Demam Berdarah, Begini Jurusnya

Demam Berdarah (ilustrasi)

Oleh karena itu, menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, orang yang sudah demam selama 3 hari wajib dicurigai menderita demam berdarah. “Monitor suhu tubuh penderita setiap hari. Bila demam berlangsung tiga hari, segera bawa penderita ke dokter,” kata dr. Sepri.

Bacaan Lainnya

Selain itu, istirahat dan asupan cairan yang cukup merupakan dua hal yang sangat penting pada pasien infeksi virus dengue. Bila penderita makin lemas, muntah, sulit makan atau minum, perlu dilakukan pemberian cairan infus oleh dokter.

“Bila hasil laboratorium menunjukkan tanda-tanda penurunan trombosit atau peningkatan hematokrit, penderita harus dirawat di rumah sakit. Pasien juga diawasi jangan sampai terjadi syok yang ditandai dengan rasa lemas, mengantuk, dan pingsan, sementara kaki terasa dingin sekali,” ucap dr. Sepri.

Sudahkah Anda mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah? Perangi wabah ini sejak awal. Dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan, menutup sumber penampungan air, melakukan fogging (pengasapan), hingga mewaspadai gejala dini demam berdarah. Jika timbul gejala demam berdarah, segera periksakan diri ke dokter

(HNS/RVS/klikdokter/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *