KESEHATAN

Perangi Demam Berdarah, Begini Jurusnya

RADARSUKABUMI.com – Demam berdarah merupakan penyakit yang kerap muncul saat musim hujan tiba. Menurut data Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, distribusi penyakit suspek demam berdarah dengue (DBD) sejak minggu pertama 2018 hingga minggu pertama 2019 tertinggi ada di Jawa Timur dengan jumlah pasien DBD 700 orang, selanjutnya ada Jawa Tengah (512 orang) dan Jawa Barat (401 orang). Ini menjadikan Indonesia sebagai negara tertinggi di Asia Tenggara terkait penyebaran demam berdarah.

Demam berdarah disebabkan oleh infeksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Agak berbeda dengan nyamuk lain, nyamuk pembawa virus dengue bertubuh kecil dan berwarna hitam dengan garis-garis putih yang sering tampak seperti bintik-bintik putih. Virus dengue sendiri terdiri dari empat jenis, yakni dengue tipe 1, 2, 3, dan 4. Tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3.

“Nyamuk Aedes aegypti ini mengisap darah di siang hari, umumnya berada di dalam rumah, dan senang bersembunyi di balik pakaian yang digantung,” ujar dr. Karin Wiradarma dari Klikdokter.

Segala upaya dilakukan pemerintah untuk mengatasi penyebaran wabah demam berdarah. Namun begitu, Anda sebagai masyarakat juga perlu mengambil langkah inisiatif untuk mencegah penularan demam berdarah yang makin luas.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan