Melihat Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cikundul

PELAYANAN MASYARAKAT: Kepala Puskesmas Cikundul dr. Fety Lies Priyanti, bersama dengan seluruh pegawai Puskesmas Cikundul.

RADARSUKABUMI.com – Puskesmas Cikundul kini memiliki inovasi program layanan publik yaitu Gema Afick (Gerakan Masyarakat Beraktifitas Fisik) yang Menjadi Inovasi Unggulan Puskesmas Cikundul.

Laporan Hiti Robiah

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Puskesmas Cikundul, dr. Fety Lies Priyanti, Puskesmas Cikundul setiap harinya dikunjungi oleh lebih kurang 100-150 jiwa pasien untuk berobat ataupun sekedar control kesehatan dan konseling.

Sesuai data  yang didapat, jumlah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Cikundul mencapai lebih kurang 3.300  jiwa per Desember 2018. Serta terdapat  lebih kurang sebanyak 39.000 jiwa per tahun 2018.

Menurutnya dari 10 penyakit dengan jumlah terbanyak di Puskesmas Cikundul tahun 2018 yang tertinggi adalah penyakit tidak menular (PTM). Selain itu, PTM seperti Hipertensi dan Diabetes Mellitus masuk ke dalam 10 besar penyakit pada pasien yang berobat di puskesmas Cikundul.

Puskesmas Cikundul memiliki dua puskesmas pembantu, yakni puskesmas pembantu di Kelurahan Cicadas dan Kelurahan Sindangsari.

Adapun inovasi layanan publik yang di unggulkan oleh Puskesmas Cikundul, yaitu Gema Afick (Gerakan Masyarakat Beraktifitas Fisik).

“Tujuan dari Gema Afick ini untuk menurunkan angka kesakitan dan menumbuhkan peran Aktif masyarakat dalam gerakan kesehatan dengan aktif beraktifitas fisik sebagai salah satu untuk mencegah terjadinya penyakit dan meningkatkan kesehatannya dengan methode Kolaborasi Pelayanan dari semua program,” ungkap Fety.

Ia memaparkan kegiatan Gema Afick yang dilakukan Puskesmas Cikundul yaitu, senam bersama dan penyuluhan kesehatan. “Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan tensi, IMT ( Indeks Masa Tubuh) dan laboratorium (Gula dan Kolesterol),” jelasnya. (cr5)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *