Warga Jatim Diminta untuk membaca Pesan BMKG

RADARSUKABUMI.com, SURABAYA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya mengeluarkan peringatan dini, terkait cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai petir dan angin kencang di wilayah Jawa Timur. Cuaca ekstrem ini akan terjadi hingga sepekan ke depan.

Karena itu masyarakat di wilayah Jawa Timur diimbau mewaspadai cuaca ekstrem, yang akan terjadi hingga tiga hari ke depan.

Bacaan Lainnya

Cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi untuk hampir semua wilayah di Jawa Timur. Hujan deras disertai petir dan angin kencang tersebut, akan terjadi pada siang, sore dan malam hari.

“Cuaca ekstrem ini akibat pertemuan arus udara basah dari Samudra Hindia, dengan arus udara dingin dari Asia,” ujar Rendy irawadi, Prakirawan BMKG Juanda.

Pertemuan arus udara basah dan dingin tersebut mengakibatkan terbentuknya awan di wilayah Jawa Timur. Itulah yang memicu terjadinya cuaca ekstrem.

Pada saat hujan deras disertai petir dan angin kencang, masyarakat diimbau lebih banyak berada di rumah atau dalam gedung.

“Masyarakat diimbau menjauhi pohon saat angin kencang, karena kemungkinan bisa roboh akibat kuatnya angin. Demikian pula saat hujan deras diimbau menjauhi ruang terbuka, karena bahaya akan petir,” ucap.

 

(end/jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *