Di Daerah Ini, Dua Orang Terkena Demam Berdarah Tiap Hari

Petugas dari Dinkes Kabupaten Sukabumi bersama anggota Bhabinkamtibmas saat melakukan pengasapan (fogging, red) di Kampung Panagan Kolot, RT 2/4, Kedusunan Panagan Kolot, Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, kemarin (16/1).

RADARSUKABUMI.com – Penyakit demam berdarah terus mengintai warga Magetan, Jatim. Selama Januari ini, sudah ada 44 orang yang positif DBD.

Fogging atau pengasapan telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, hingga jajarannya di tingkat Puskesmas. Fogging dilakukan di beberapa lokasi yang warganya dinyatakan positif demam berdarah, atau DBD.

Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinkes Magetan, Didik Setyo Margono mengatakan, dari data selama Januari 2019 ini, maka rata-rata setiap hari ada 2 orang terkena DBD.

“Dari jumlah penderita, terbanyak di Kecamatan Magetan, atau yang dirawat di Puskesmas Candirejo,” kata Didik.

Selama Januari ini, pihaknya sudah melakukan fogging sebanyak 36 kali. Fogging hanya dilakukan untuk daerah yang warganya positif demam berdarah. Dengan pengasapan sejauh 100 meter dari rumah penderita DBD.

Menurut Didik, fogging bukan menjadi solusi utama pencegahan penyakit DBD. Akan tetapi yang terpenting pemberantasan sarang nyamuk, atau PSN.

Seperti menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang berpotensi, menjadi tempat perkembang biakan nyamuk aedes aegypti.

(pul/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *