UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Teknik Informatika Universitas Nusa Putra, untuk Negeri dan Dunia

Selain belajar dengan fasilitas memadai, serta dibimbing dosen-dosen profesional pada bidangnya, menurut Muhamad Muslih, ST, M.Kom, Prodi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra (Prodi TI UNsP) juga fokus menjadikan mahasiswa yang memiliki hard dan soft skill agar dapat bersaing di kancah global. Karena­nya, berbagai program diinisiasi perguruan tinggi yang ber­alamat di Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi itu. Mulai dari kerjasama internasional dengan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri, hingga mengikutsertakan mahasiswa dalam program internasional.

Berikut wawancara lengkap dengan pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni tersebut.

  1. Setiap tahun mahasiswa lulusan teknik informatika di Indonesia terus bertambah, bagaimana cara Nusa Putra menyiasati persaingan ke depan?

Iya benar, menjamurnya mahasiswa lulusan bidang informatika di Indonesia, memang menjadi tantangan tersendiri bagi Prodi TI Universitas Nusa Putra (UNsP). Karena­nya, berbagai program kami inisiasi. Mulai dari kerjasama internasional dengan ber­bagai perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri, hingga mengikutsertakan mahasiswanya dalam berba­gai program dan kegiatan internasional. Di antara program internasional yang diikuti adalah, Association Internatio­na­le des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC), Global Vo­lunteer dengan negara tujuan Thailand, di mana salah seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika UNsP terpilih mengikutinya.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dapat melakukan berbagai akti­vitas seperti mengajar Bahasa Inggris dan pe­ne­rapan penyampaian perkembangan teknologi dalam lingkup pengetahu­an informatika. Kegiatan tersebut disampaikan kepada pelajar di beberapa sekolah di Thailand.

Selain mengajarkan bahasa dan perkembangan ilmu teknologi informatika, program pertukaran budaya pun dilakukan sebagai bentuk eduka­si terhadap warga Thailand, sekaligus upaya meningkatkan wawasan mengenai kebudayaan Indonesia kepada masyarakat global.

Program yang dilaksanakan selama enam minggu tersebut, hasil kerja sama Prodi TI UNsP dengan Taimichi Intitute Teknology Of Thailand. Kegiatan tersebut memberi kesan dan pembelajaran berharga bagi mahasiswa, sebagai bekal pengalaman di masa datang.

  1. Lantas bagaimana cara Nusa Putra menyiapkan mental lulusan agar siap mengadapi persaingan global?

Iya, mahasiswa TI UNsP, selain belajar di bangku kuliah dengan duku­ngan fasi­litas memadai, serta dibimbing dosen-dosen profesional di bidangnya, kami yakini akan menjadikan mahasiswa memiliki hard skill yang dapat bersaing secara global. Selain itu, upaya peningkatan dalam soft skill juga terus ditingkatkan, seperti melalui himpunan dan organisa­si. Semua itu mendapat dukungan universitas melalui bidang kemahasiswaan, yang bertuju­an meningkatkan soft skill dan hard skill agar melahirkan lulusan yang memiliki multikemampuan menghadapi tan­tang­an global. Hal ini karena mahasiswa tidak cukup hanya memiliki kemampuan akademis. Mahasiswa harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama. Melalui organisasi, mereka mencoba melatih kemampuan soft skill.

Melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI), banyak peluang bisa diperoleh. Tidak jarang mahasiswa TI meraih penghargaan dalam kejuaraan informatika seperti halnya Indonesia Hacksprint Competition, di mana mahasiswa kami menjadi salah satu wakil dalam kompetisi IT tersebut, saudara Faqih.

  1. Berbicara menyiapkan lulusan siap bersaing global, bagaimana strategnya?

Banyak program pengabdian kepada masyarakat dan prestasi di tingkat internasional telah dilakukan dan diraih oleh mahasiswa Prodi TI UNsP. Salah satu program pengabdian kepada masyarakat adalah hibah website untuk desa-desa di Kabupaten Sukabumi. Tak hanya itu, program hibah website ini pun akan berlanjut ke semua desa dan kecamatan yang membutuhkan, baik di wilayah Sukabumi maupun daerah-daerah terpencil lainnya di Indonesia. Website gratis tersebut diberikan, sebagai upaya penyebaran informasi secara digital, agar informasi dapat diakses oleh siapapun, di manapun, tanpa dibatasi ruang dan waktu. Website yang dibangun tentunya memiliki fitur yang dapat memudahkan desa-desa menyampaikan informasi kepada khalayak, baik potensi alam, maupun informasi seputar desa.

Kemudian, kami juga rutin mengikuti dan menggelar joint conference, dari mulai konferensi tingkat nasional hingga internasional. Banyak yang berhasil meraih Best Paper dalam konferensi.

  1. Bagaimana sebenarnya konsep hard dan soft skill yang Anda maksud?

Iya, penguatan soft skill dan hard skill bagi mahasiswa Prodi TI UNsP, tentu sudah terencana dan terpola dengan capaian-capaian yang layak dibanggakan. Visi Prodi Teknik Informatika adalah menjadikan prodi ini kreatif dan inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang TI dan mampu mengangkat nilai-nilai kearifan lokal. Sehingga mampu menghasilkan karya orisinil yang memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi era perdagangan global pada tahun 2005, serta melahirkan lulusan andal, bermartabat, beriman, dan bertakwa.

Saat ini kami terus berfokus menyelanggarakan sistem pendidikan dan pengajaran teknologi informatika berbasis komperensi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia berakhlak mulia, mandiri, dan profesional dalam menggali dan mengolah potensi bangsa. Selain itu, melaksanakan penelitian yang kreatif dan inovatif dengan cara mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi informatika terhadap nilai seni dan budaya, sosial ekonomi, dan peradaban bangsa. Serta menyebarluaskan hasil penelitian dalam bentuk teknologi terapan yang mampu bersaing secara global dan dapat memberikan manfaat baik bagi peningkatan kualitas masyarakat.

  1. Lalu seberapa besar peluang lulusan UNsP di terima dunia ndustr dan mampu menghadapi persaingan dengan lulusan perguruan tinggi lain?

Begini, visi selain dukungan kuliah dengan fasilitas memadai dan dosen-dosen yang memiliki kompetensi, lembaga juga men-support Prodi TI UNsP agar menjadi himpunan yang unggul, terdepan, mandiri, profesional, serta tanggap terhadap perkembangan teknologi informasi.

Saya pastikan, kami telah menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan sumber daya manusia unggul. Mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi informasi melalui kegiatan penelitan berkelanjutan berbasis sumber daya dan kearifan lokal, serta menyebarluaskan dan menerapkan hasil penelitian melalui kegaitan yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Membentuk karakter pribadi yang lebih kreatif, mengutamkan kebersamaan tanpa adanya sikap individualistis. Kami juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri.

Kami yakin ini akan berdampak signifikan terhadap kemajuan pribadi mahasiswa dan institusi.

Soal peluang kerja bagi lulusan TI UNsP, secara umun dapat bekerja di perusahaan soft ware house, pemerintahan, militer, lembaga pendidikan, industri, bank, konsultan, BUMN dan BUMD, serta sektor bisnis lainnya.

Lingkup pekerjaannya meliputi software engineering, aplication developer, system analyst, manager sistem informasi, dan bidang jaringan lainnya.

Dari Kepedulian Sosial hingga Prestasi Tingkat Nasional

“Selain belajar di dalam kelas, segudang kegiatan positif di luar kelas juga banyak dilakukan mahasiswa TI UNsP,” jelas Muslih.

Menurutnya, kegiatan HMTI di kampus adalah menggelar berbagai seminar dan workshop rutin, serta aksi sosial seperti hibah website gratis bagi desa terpencil. Hal tersebut bertujuan untuk pengembangan soft skill bagi seluruh anggota HMTI.

“Untuk kegiatan di luar kampus, selain mengikuti seminar, HMTI juga aktif dalam organisasi himpunan di wilayah Jawa Barat dan nasional,” imbuh pria penyuka nasi liwet dan ikan asin itu.

HMTI UNsP bergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Permikomnas), sehingga HMTI aktif mengikuti berbagai kegiatan yang digelar. “Di tingkat Jawa Barat, HMTI Universitas Nusa Putra sudah cukup dikenal oleh semua kampus, dengan terpilihnya salah satu anggota HMTI menjadi pemateri seminar di tingkat Jawa Barat,” yakin dia.

BIODATA

Muhamad Muslih, ST, M.Kom

TTL: Sukabumi, 29 April 1986

Alamat: Kp. Selaawi RT. 02/01, Desa/Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

E-Mail: [email protected]

PENDIDIKAN 

  • Magister, Universitas Budi Luhur, Jakarta, 2014/2015
  • Starata Satu, STMIK Jabar Bandung, 2010/2011
  • Diploma Tiga, STT NUSA PUTRA Sukabumi, 2008/2009
  • SMAN 1 Kota Sukabumi Sukabumi 2004/2005
  • SMPN 1 Curugkembar Sukabumi 2001/2002
  • SDN 1 Curugkembar Sukabumi 1998/1999

PENGALAMAN BERORGANISASI

  • Anggota APTIKOM s.d. sekarang
  • Pembina Resimen Mahasiswa s.d. sekarang
  • Pembina Volentir Tanggap Bencana s.d. sekarang
  • Pembina Gerakan Anti Narkoba dan Penanggulangan HIV/IDS s.d. sekarang

RIWAYAT PEKERJAAN

  • Waket III Bid. Kemahasiswaan STT Nusa Putra 2014 s.d.2017
  • Warek III Bid. Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Nusa Putra 2018 s.d. sekarang

PENGALAMAN PENELITIAN

  • Pengembangan E-Marketing Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunkan Metode Service Oriented Architecture (SOA) 2015, Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra Vol. 1
  • Marketing strategy with Linier Regression to the Interst of New Student, 3th Internasional Conference on Computing, Enggineering and Design 2017
  • Comparison of C4.5 Method Based Optimization Algorithm to determine Eligibility of Beneficiaries Direct Community Assistance, 3th Internasional Conference on Computing, Enggineering and Design 2017
  • Sistem Prediksi Pemilihan Jurusan Menggunakan Metode Nearest Neighbor untuk calon siswa di Sekolah, Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra Vol. 6 2018
  • E-Monotoring Manajajemen Perencanaan Produksi menggunkan Service Oriented Architecture (SOA), 4th Internasional Conference on Computing, Enggineering and Design 2018.
loading...
loading...
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close