SUKABUMI

Pemekaran Masih jadi Mimpi

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI – Harapan masyarakat termasuk pihak Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk memekarkan beberapa daerah salah satunya Kabupaten Sukabumi, nampaknya masih harus dikubur dalam-dalam.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menegaskan, hingga saat ini kebijakan moratorium pemekaran daerah masih berlaku. Meskipun, masih banyak daerah yang minta untuk segera dimekarkan.

Pasalnya, kata Tjahjo, banyak hal yang dipertimbangkan kenapa moratorium pemekaran belum dicabut. Prinsipnya, moratorium bertujuan agar pemekaran sebuah daerah tidak asal dimekarkan.

Tapi harus dikaji dan telaah dengan mendalam. “Kemendagri sampai saat ini belum bisa memenuhi aspirasi konstitusional daerah,” ujar Tjahjo Kumolo, di Jakarta, kemarin (24/1).

Disebutkan Tjahjo, sekarang ada 314 usulan Daerah Otonomi Baru (DOB). Ini memang hak konstitusional daerah, tetapi persiapan untuk membuat daerah otonomi baru itu memerlukan Rp 300 miliar per kabupaten/kota. Karena itu, menentukan 10 saja dari 314 membutuhkan dana yang besar.

“Jangan hanya di lihat dari aspek pembangunan pemerintahannya saja. Saya tidak mau mengambil risiko, sementara kita tunda dulu untuk 314 Daerah Pemekaran Baru (DOB),” paparnya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *