PERUMAHAN

Ada 200 Ribu Rumah Harga per Unit Rp 200 Juta, Mau?

RADARSUKABUMI.com – Realestat Indonesia (REI) menargetkan bisa membangun 430.000 unit rumah pada 2019. Angka tersebut terdiri atas 230.000 unit rumah bersubsidi dan 200.000 unit rumah komersial dengan harga Rp 200 juta hingga Rp 300 juta per unit.

Jika tak ada gangguan ekonomi, REI optimistis target tersebut dapat tercapai. ”Terlebih melihat kebutuhan masyarakat yang besar di kedua segmen,” ujar Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata di Jakarta, Rabu (23/1).

Eman –sapaan Soelaeman Soemawinata– mengatakan, ada beberapa terobosan yang masih perlu dilakukan pemerintah guna memastikan pembangunan rumah berjalan optimal.

Pertama, keringanan pajak untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). ”REI mengusulkan relaksasi di bidang perpajakan bagi rumah MBR,” tambah Eman.

Relaksasi yang dimaksud, misalnya rumah-rumah yang dijual maksimal 20 persen di atas batasan harga jual rumah subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), tidak perlu dikenakan PPN 10 persen. Namun cukup dikenakan atas selisih terhadap harga jual rumah yang ditentukan.

Kedua, lanjut dia, mempercepat penyediaan rumah bagi ASN maupun prajurit TNI/Polri. Dalam dua tahun terakhir, REI sudah menjalin kerja sama dengan Taspen, Jamkrindo, Kementerian Pertahanan, dan Korpri.

Itu sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penyediaan rumah bagi ASN dan TNI/Polri. ”Kami berharap ada terobosan kebijakan pemerintah yang membuat REI bergerak lebih cepat lagi untuk menyediakan rumah bagi para abdi negeri,” ujarnya.

Eman mengungkapkan, jumlah rumah yang terbangun sepanjang 2018 belum termasuk rumah komersial di segmen menengah atas di Jabodetabek dan kota-kota besar di seluruh Indonesia yang mayoritas memang dibangun anggota REI.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan