Demam Korea Mulai Melanda Warga Sukabumi

FOTO: Muhammad Arfan Septiawan for RADAR SUKABUMI BIKIN NGILER: Dua orang pelanggan makanan khas korea saat menikmati sajian disalah satu restoran di Kota Sukabumi.

RADARSUKABUMI.com – Drama Korea sudah beberapa tahun terakhir mengisi hari-hari salah satu warga Kota Sukabumi, Eprita Setyanti. Opera sabun dari negeri ginseng memang jadi salah satu bagian dari gelombang budaya Korea atau Hallyu Wave yang menyerang Indonesia.

Muhammad Arfan Septiawan, Sukabumi

Gelombang budaya Korea atau Hallyu Wave merupakan istilah yang dipakai Korea untuk merepresentasikan invasi budayanya ke seluruh dunia. Berbagai budaya berhasil dikenalkan korea pada dunia. Mulai dari musik pop korea atau K-Pop, Drama dan Film, hingga pada makanan. Semua budaya tersebut berhasil menjadi komoditas yang membuat Korea meraup keuntungan yang melimpah, di samping budayanya yang kian dikenal dunia.

Drama Korea menjadi salah satu produk budaya Korea yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia. Drama Korea dianggap Eprita punya plot cerita yang berbeda disbanding serial drama tanah air. Selain plot cerita yang berbeda, Cerita dari Drama Korea cenderung tidak bertele-tele. Hal itu Nampak dari jumlah episode yang rata-rata menginjak 16 Episode saja, jauh dari serial drama Indonesia yang tanpa lelah menayangkan ribuan episode.

Selain menyunguhkan ceirta yang menarik, ada sisipan budaya yang coba diperkenalkan Korea melalui Serial dramanya. Jika anda perhatikan, Drama Korea terhitung getol menayangkan berbagai makanan khasnya. Hal itu juga disadari oleh Eprita yang kerap dibuat ngiler. “Sering banget aku lihat scene makan di drama korea. Bahkan ada drama korea yang isinya tentang Makanan khas Korea semua, yaitu Let’s eat. Dari situ aku mulai penasaran bagaimana rasa makanan Korea,” Terang Eprita di Salah Satu restoran bernuansa Korea di bilangan Cikole, Selasa (22/1).

Menyantap makanan khas Korea telah menjadi budaya baru yang tumbuh di masyarakat Indonesia. Alasannya sederhana, Eprita menceritakan dirinya ingin merasakan apa yang dimakan oleh Idolanya di Korea. Selain itu, keberhasilan mengenalkan kudapan khas Korea juga tampak di drama atau film korea, dimana banyak sekali scene yang menampilkan berbagai makanan khas korea. “Banyak banget scene makan di drama korea. Aku jadi tahu makana korea tuhh seperti apa. Selain itu juga aku bisa mulai memahami budaya makan di sana itu seperti apa. Jadi wawasan aku tentang Korea juga bertambah,” Jelas Eprita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *