Ketua KPK Pastikan Novel Baswedan bakal Kooperatif

JAKARTA— Ketua KPK Agus Rahardjo mengklaim sudah memanggil Novel Baswedan berkaitan dengan tim gabungan bentukan Polri. Agus memastikan jika Novel siap bersikap kooperatif. “Kita juga memanggil Mas Novel, Mas Novel akan bekerja sama,” ujar Agus di kantornya, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (16/1).

Agus juga menuturkan tim gabungan itu sudah menemuinya. Pertemuan itu dilakukannya bersama Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. “Mudah-mudahan kasus ini bisa diungkap dengan baik,” imbuh Agus.

Sebelumnya, Tim gabungan itu dibentuk Polri berdasarkan rekomendasi dari Komnas HAM terkait pengusutan teror penyiraman air keras terhadap Novel. Tim itu dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis. Dalam tim itu, penyelidik dan penyidik KPK turut dilibatkan. Selain itu, 7 pakar dilibatkan, yaitu mantan Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji, Peneliti Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hermawan Sulistyo, Ketua Setara Institute Hendardi, komisioner Kompolnas Poengky Indarti, serta komisioner Komnas HAM Nur Kholis dan Ifdhal Kasim.

Namun sebelumnya, keberadaan tim itu sempat dipertanyakan Novel. Dia mengatakan selama ini meminta dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF), bukan tim penyidik dan penyelidik bentukan kepolisian. “Kami meminta untuk dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta, bukan tim penyidik dan penyelidik. Bedanya apa dengan tim yang sebelumnya?” ungkap Novel, Selasa (15/1) kemarin.

Meski demikian, Novel tetap menanti hasil kerja tim gabungan Polri itu. Dia menyebut penyidikan polisi sebelumnya tidak sungguh-sungguh. Dia juga menyatakan siap dimintai keterangan oleh tim gabungan itu. Syaratnya, tim tersebut harus mengungkap semua kasus teror kepada pegawai KPK lainnya.

“Apabila kalau nanti memang akan dimintai keterangan saya akan beri keterangan. Tetapi, saya memiliki syarat-syarat. Syaratnya adalah saya meminta tim ini berkomitmen untuk mengungkap semua serangan kepada pegawai KPK sebelumnya,” pungkas Novel.

 

(jwp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *