Pemkab Sukabumi

Bikin Ngiler, 42 Varian Durian Cimanggu Sukabumi Dilombakan

Pemdes Cimanggu Gelar Festival Durian Lokal

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Sebanyak 42 jenis durian ditampilkan pada Festival Pesona Durian Lokal ke-2. Acara yang dilaksanakan di lingkungan SD PGRI Sindangpalay Cikeong digelar oleh Pemerintah Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

“Kontes durian lokal ini kami gelar yang kedua kalinya dan yang kedua ini cukup meriah dari tahun sebelumnya dimana ada puluhan jenis durian yang di unggulkan dan di kontes kan,” kata Kepala Desa Cimanggu, Acep Purkalih, kepada radarsukabumi.com, Kamis (17/1/2019).

Sebanyak 25 orang peserta yang merupakan petani durian mengikuti festival ini. Masing-masing peserta menyerahkan 3 hingga 4 jenis durian unggulan. Para peserta juga menampilkan olahan dan obat herbal dari estrak durian.

“Ada berbagai katogori yang di pestivalkan. Kami pilih juara satu dan tiga dalam kontes durian ini,” ucapnya.

Purkalih juga menuturkan, festival durian ini merupakan inisiatif dari 5 kelompok petani (poktan) di Desa Cimanggu. Adanya festival itu juga diharapkan jadi daya tarik wisatawan ke kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

“Kegiatan ini rutin digelar tiap tahun. Tapi peserta yang pernah juara pada festival sebelumnya tidak boleh ikuti kontes berikut,” ungkapnya.

Kepala Seksi Produksi Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sukabum, Deni Ruslan mengatakan, Desa Cimanggu merupakan salah satu wilayah penghasil durian unggulan. Sejauh ini secara kualitas dan produksi sangat bagus. Daerah penghasil durian terbaik lainnya di Kabupaten Sukabumi yakni Kecamatan Cikakak.

“Kami terus mendorong kelompok tani buah-buahan jenis apapun untuk meningkatkan produktivitas hasil. Kita juga konsisten memberikan bimbingan teknis dan pembinaan kepada seluruh poktan di Kabupaten Sukabumi,” jelas Deni.

loading...
loading...
1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close