BOGOR

Dampak Tol, Ratusan Pohon Dipindahkan

  Bogor Dampak pembangunan Tol BORR sesi III A di kawasan simpang Yasmin hingga Salabenda Bogor mengakibatkan ratusan pohon di bowling atau dipindahkan.

Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat (Disperumkim) Kota Bogor, Agus Gusmawan mengatakan dari dari hasil survey ada 434 pohon yang dibowling dan dipindahkan. “Nanti kompensasinya pihak tol borr mengganti pohon yang sama sebanyak 6.000 ribu pohon dengan berdiameter 10 Cm,” ujarnya.

Agus juga menjelaskan pembowlingan dan pemindahan pohon di sepanjang Simpang Yasmin hingga Parakan Jaya perbatasan Kota-Kabupaten sudah dikoordinasikan sejak tahun 2018. “Kalau tidak salah bulan Agustus yang lalu kita udah melakukan survei bareng,” ucapnya.
Untuk diketahui, panjang tol Boor sesi mencapai III A 2,85 kilo meter. Sementara sisanya di Seksi IIIB.

Tol BORR sesi IIIA ini merupakan lanjutan dari Tol BORR seksi IIB (Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin) sepanjang 2,66 kilometer. Jarak pembangunan sesi IIIA ini termasuk dekat dengan selesainya pembangunan sesi IIB, beberapa bulan lalu. Sesi II B mulai dioperasikan April lalu.

Untuk sesi III A ini, lanjutnya, diestimasikan menghabiskan anggaran sebesar Rp3 triliun yang bersumber dari APBN. Tol BORR seksi IIIA ini memakan biaya konstruksi sebesar Rp1,5 triliun dan biaya pembebasan lahan seluas enam hektare sebesar Rp1,5 triliun dengan total Rp3 triliun.

 

(net)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close