UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Membawa Prodi PGSD Universitas Nusa Putra Menjadi Terdepan

“Di Universitas Nusa Putra kami merancang kurikulum tidak hanya berpandangan nasional, tetapi ingin membuka mata mahasiswa bagaimana belajar dengan kurikulum standar internasional,” jelas dosen lajang ini.

Kepada Radar Sukabumi, Samsul Pahmi, M.Pd. berbicara banyak mengenai Program Studi Pendididikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD). Berikut petikannya:

  1. Sebagai prodi baru, apa target PGSD Universitas Nusa Putra?

Prodi PGSD saat ini berada di bawah Fakultas Ilmu Hukum dan Keguruan Universitas Nusa Putra. Prodi ini menyiapkan mahasiswanya menjadi pendidik sekaligus sosok penyayang bagi anak didiknya. Karena dipersiapkan untuk menjadi guru SD, maka mahasiswa selain diajarkan semua materi pelajaran di tingkat SD, mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Pendidikan Kewarganegaraan, dan lain­nya, juga pembentukan karakter. Hal ini agar lulusan mampu menghadapi perkembangan zaman.

  1. Seberapa yakin Anda Prodi PGSD ini mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain?

Prodi PGSD Universitas Nusa Putra ini sudah terakreditasi BAN-PT. Kami  merancang kurikulum berbasis nasional dengan standar internasional. Selain diajarkan materi teknis pelajaran SD, di jurusan ini mahasiswa akan diajarkan tentang kepribadian. Alasannya, karena guru SD merupakan pembentuk kepribadian menda­sar, sekaligus pemberi pondasi ilmu dan kepribadian anak yang nantinya akan berguna bagi masa depan anak didiknya. Kami yakin konsep dan kelebihan yang kami miliki mampu menyaingi prodi yang sama di perguruan tinggi lain.

  1. Menjadi guru masih menjadi favorit generasi muda, sementara persaingan begitu ketat, termasuk di Sukabumi, banyak perguruan tinggi memiliki Prodi PGSD. Bagaimana menurut Anda?

Iya benar. Tetapi dengan dukungan fasilitas, seperti gedung yang megah dan fasilitas pendukung lainnya membuat saya yakin, PGSD Universitas Nusa Putra akan mampu leading, terutama di Sukabumi.

Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Putra digembleng dengan berbagai kegiat­an yang akan membentuk karakter. Dari mulai kepramukaan, hingga kegiatan perkuliahan yang mengharuskan mahasiswa berlatih public speaking, dan memanej banyak orang di dalam satu ruangan. Dengan begitu, kuliah di PGSD itu secara tidak langsung akan mendidik mahasiswanya cara berpakaian, berbicara, hingga bergaul di masyarakat.

Dalam pembelajaran, mahasiswa PGSD bukan berarti diajarkan kembali pada materi-materi di SD, tetapi bagaimana materi-materi di SD dapat disampaikan kepada muridnya deng­an strategi dan metode tertentu, agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Selain itu, juga dipelajari seputar perkembangan mental anak didik, baik sikap maupun pengetahuan dan kete­rampilan. Proses perkuliahan juga didukung fasilitas komputer dan infocus, agar mahasiswa tidak gagap dalam mengadapi perkembangan tek­nologi.

  1. Apakah menjadi guru SD semudah mengajarkan matematia dasar? Bagaimana dengan peluang lulusan PGSD Universitas Nusa Putra?

Tentu berbeda dengan jurusan lain, seperti kimia, biologi, dan fisika misalnya, di mana mahasiswa dituntut menguasai banyak rumus, di Prodi PGSD materi kuliah lebih sederhana. Hal ini karena orientasinya adalah mampu mengajar dengan baik dan benar di tingkat dasar. Jadi orientasinya lebih ditekankan pada bagaimana agar anak didik bisa dengan mudah memahami. Terlebih, metode kuliah PGSD Universitas Nusa Putra berkonsep modern, serta didukungan fasilitas teknologi.

Sedangkan kalau berbicara peluang kerja, tentu lebih besar. Di antara banyak jurusan kuliah, yang memiliki peluang kerja lebih besar bagi lulusannya, salah satunya adalah PGSD. Kebutuhan akan guru SD selalu lebih besar ketimbang jurusan keguruan lain, terlebih dengan banyaknya program pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan.

Lulusan Prodi Keguruan dalam hal ini PGSD, memiliki prospek kerja cerah. Namun, bukan berarti mahasiswa bisa santai dan jumawa, tetapi dituntut memiliki skill dan kompetensi di atas rata-rata agar menjadi guru SD yang profesional.

Saat ini, menjadi pegawai negeri sipil (PNS) memang masih menjadi favorit banyak orang. Selain gaji, juga berbagai tunjangan disediakan pemerintah, dari mulai sertifikasi, keluarga, hingga pensiun. Sehingga alumni PGSD Universitas Nusa Putra memiliki peluang menjadi PNS, karena setiap tahun ada puluhan hingga ratusan ribu kebutuhan guru SD. Mahasiswa tidak perlu khawatir dengan kuota PNS, karena kuota bagi alumni Prodi PGSD selalu lebih besar ketimbang keguruan lainnya.

Selain itu, lulusan juga menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Karena Perbedaan mendasar antara guru SD dengan SMP atau SMA, salah satunya adalah guru SD sekaligus guru kelas, sedangkan guru SMP dan SMA adalah guru mata pelajaran. Guru mata pelajaran hanya mengajarkan mata pelajaran tertentu, misalnya hanya mengajar mata pelajaran fisika atau ekonomi saja. Sedangkan guru kelas dituntut mampu mengajarkan semua mata pelajaran.

  1. Apa filosofi profesi guru menurut Anda? Apakah menjadi guru sesederhana mengajar matematika dasar?

Berbicara filosofi guru tentu idak sederhana. Sangat dalam. Namun, semua guru pasti memiliki keinginan menjadi sosok yang memberi manfaat banyak untuk sesama, terutama bagi anak didiknya. Dengan menjadi guru, bisa berbagi pengetahuan dengan anak didik, dan menjadi sosok yang membantu siswa dalam menggapai mimpi-mimpinya.

Terutama halnya guru SD, bisa menjadi sosok yang sangat berperan dalam membentuk karakter siswanya, karena seperti yang kita ketahui, bangku SD ibarat pondasi yang menjadi landasan dalam membentuk kepribadian anak didik sebelum menuju jenjang pendidikan selanjutnya.

Jika pondasi suatu bangunan sudah bagus, maka bangunan tersebut pasti akan kuat. Sebaliknya, jika pondasi bangunan rapuh, maka sangat rentan mengalami kerusakan.

Karenanya, tugas guru SD tidak bisa dianggap enteng. Guru SD memiliki andil besar dalam mencerdaskan generasi bangsa, maka berbanggalah mahasiswa yang memilih jurusan PGSD.

Di sinilah kelebihan mahasiswa Keguruan atau PGSD Universitas Nusa Putra. Kami mendidik mahasiswa untuk menjadi sosok penyayang. Salah satu ciri khas mahasiswa jurusan keguruan yakni mereka diarahkan menjadi sosok penyayang, agar kelak mampu menjadi pendidik sekaligus orangtua bagi siswa sekolah dasar. Sehingga sangat penting bagi calon guru SD memiliki sikap penyayang terhadap sesama.

Universitas Ibarat Pasar, Semua Kebutuhan Harus Ada

Kondisi psikologis siswa SD yang memang butuh sikap lembut dari seorang guru, menurut dosen yang masih berstatus lajang ini, menjadikan mahasiswa jurusan PGSD harus memiliki kompetensi sosial tersebut, agar kelak mampu mendidik muridnya dengan bijak.

“Di Universitas Nusa Putra kami sudah merancang sebuah kurikulum yang tidak hanya berpandangan nasional, tetapi ingin membuka mata mahasiswa bagaimana mereka bisa belajar dengan kurikulum standar internasional. Universitas kan diibaratkan sebuah pasar, di mana keinginan masyarakat semua harus tersedia,’’ beber Pahmi kepada Radar Sukabumi.

Ucapan Pahmi di atas bukanlah isapan jempol belaka. Selain pendidikan formal hingga jenjang S2 telah ia raih, Pahmi juga aktif mengikuti berbagai seminar dan konferensi baik nasoinal maupun internasional untuk terus meningkatkan kompetensi dalam mendidik mahasiswa PGSD Universitas Nusa Putra.

Seminar internasional yang pernah diikuti Pahmi antara lain, Penelitian Pendidikan IPG Johor Malaysia pada tahun 2015, menjadi Presenter pada Oral Presentasi Prosiding Internasional IEEE di International Islamic University Malaysia pada 2017, dan pada Oral Presentasi Prosiding Internasional Asian Institut of Technology Bangkok, Thailand tahun 2018 lalu.

Selain itu, Pahmi juga aktif melakukan penelitian dan membuat karya tulis ilmiah.

SAMSUL PAHMI, M.Pd.

TTL: Lombok Timur, 3 April 1988 

alamat

Kompleks Hassina, Jl. Raya Cimucang No. 25 Desa Pasirhalang Kec. Sukaraja, Kab. Sukabumi

e-mail

[email protected] 

PENDIDIKAN FORMAL

  • Strata II (S-2) Jurusan Magister Pendidikan Matematika, Institut keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi Bandung (2016)
  • S1 Pendidikan Matematika, Universitas Hamanwadi Selong (2013)

PENGALAMAN MENGAJAR

  • Matematika Dasar I
  • Matematika Dasar II
  • Matematika Teknik
  • Kalkulus I
  • Kalkulus II
  • Probabilitas dan Statistika
  • Aljabar Linier
  • Metodologi Penelitian, Perguruan Tinggi Universitas Nusa Putra (2016 – 2018)
  • Matematika Dasar, Metodologi Penelitian dan Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi STAI Syamsul Ulum (Menejemen Pendidikan Islam) (2015 – 2016)

PENGALAMAN PENELITIAN

  • Implementation of CART (Classification And Regression Trees) Algorithm For Determining Factors Affecting Employee Performance (2018)
  • Estimated Missing Data On Multiple Linear Regression using Algorithm EM (Expectation-Maximization) For Prediction Revenue Company            Ketua Peneliti (2018)
  • Prosiding: Implementation of CART (Classification And Regression Trees) Algorithm For Determining Factors Affecting Employee Performance Ketua Peneliti (2018)
  • Prosiding : Marketing strategy with linier regression to the intrest of new students (sudah terindeks SCOPUS) Anggota (2017)
  • Komparasi Pendidikan Sekolah Menengah (Indonesia-Malaysia Anggota (2015)
  • Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematik Ketua Peneliti (2015)

KARYA TULIS ILMIAH

  • Prosiding: Implementation of CART (Classification And Regression Trees) Algorithm For Determining Factors Affecting Employee Performance (2018)
  • Estimated Missing Data On Multiple Linear Regression using Algorithm EM (Expectation-Maximization) For Prediction Revenue Company            IEEE di Asian Institut of Technology Bangkok, Thailand (2018).
  • Prosiding: Implementation of CART (Classification And Regression Trees) Algorithm For Determining Factors Affecting Employee Performance IEEE di Asian Institut of Technology Bangkok, Thailand (2018).
  • Prosiding: Marketing strategy with linier regression to the intrest of new students (sudah terindeks SCOPUS) IEEE di International Islamic University Malaysia (2017)
  • Statistika dan Data Mining Buku (2017)

KONFERENSI/SEMINAR/LOKAKARYA/SIMPOSIUM

  • Seminar Internasional Penelitian Pendidikan IPG Johor Malaysia (2015)
  • Seminar Hasil Penelitian STKIP Siliwangi Bandung (2016)
  • Seminar dan Workshoop Jurnal Internasional Terindeks Scopus Universitas Nusa Putra (2017)
  • Seminar dan Workshoop Jurnal Internasional Terindeks Scopus Universitas Nusa Putra (2018)
  • Workshop SINTA KEMENRISTEKDIKTI (2018)
  • Presenter pada Oral Presentasi Prosiding Internasional IEEE di International Islamic University Malaysia (2017)
  • Presenter pada Oral Presentasi Prosiding Internasional Asian Institut of Technology Bangkok, Thailand (2018).
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *