Mantan TKW Bakal Dibina Pemkab

Sejumlah warga Kabupaten Sukabumi saat mendaftarkan diri untuk bekerja sebagai TKW ke luar negeri, di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI — Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, berencana akan memberikan pembinaan kewirausahaan kepada seluruh warga Kabupaten Sukabumi yang merupakan mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Hal tersebut, agar para mantan TKW Kabupaten Sukabumi tidak lagi bekerja ke luar negeri.

Hal demikian dikatakan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, bahwa pihaknya akan mendorong agar para TKW bisa memahami potensi daerah melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) yang digagas oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Kita akan membantu pekerja migran yang sudah kembali ke kampung halamannya. Agar tidak lagi berangkat bekerja ke luar negeri. Salah satunya dengan cara melakukan pembinaan kewirausahaan,” jelas Marwan.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini, pembinaan kewirausahaan bagi mantan TKW tersebut, bisa dicontohkan dengan kondisi warga yang berada di sekitar daerah Geopark Ciletuh. Seperti, Kecamatan Ciracap dan Kecamatan Ciemas.

“Di kecamatan tersebut, hampir seluruh wanita berusia produktif menjadi TKW ke Luar Negeri. Namun kini dengan memanfaatkan lokasi wisata, mereka memiliki usaha sendiri yang penghasilannya hampir sebanding dengan upah TKW di luar negeri,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyediaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Tatang Arifin mengatakan, bahwa minat warga Kabupaten Sukabumi, untuk menjadi TKW ke luar negeri masih tinggi. “Data sementara hasil dari verifikasi saat ini, jumlah TKI asal Kabupaten Sukabumi yang diberangkatkan pada awal Januari 2018 hingga 31 Oktober 2018 mencapai 915 orang. Sementara, pada 2017 jumlah TKI yang telah berangkat untuk bekerja ke luar negeri sebanyak 1.157 orang,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *