JAWA BARAT

Emil Petakan Jabar Jadi Provinsi Pariwisata

MAJALENGKA— Jawa Barat ditargetkan menjadi provinsi pariwisata dalam lima tahun ke depan. Nantinya akan dibangun destinasi wisata baru di setiap kota dan kabupaten bersama dengan pusat-pusat budaya Jawa Barat. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di acara Ngapung Bareng Ti Kertajati, di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

“Dengan bangga Provinsi Jawa Barat mendeklarasikan lima tahun ke depan motor ekonomi kami adalah pariwisata. Tahun ini saja hampir setengah triliun rupiah kami belanjakan untuk pengembangan pariwisata di 40 titik se-Jawa Barat. Baru 2019, kebayang lima tahun,” ucap Ridwan Kamil, Kamis (10/1).

Selama ini, Emil sapaan akrabnya, menyebut Jawa Barat mempunyai potensi alam yang indah. Hanya aksesnya kurang dan belum gencar promosi, sehingga belum dikenal secara luas. “Maka potensi pariwisata di Kawasan Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), harus terus dioptimalisasi,” ungkapnya.

Emil juga menitipkan, agar para kepala daerah di wilayah tersebut dalam waktu dua minggu ke depan, mengadakan rapat bersama para Kepala Dinas Pariwisata agar merancang penyelenggaraan festival yang unik dan mampu menggaet kunjungan wisatawan.

Adapun Bandara Internasional Jawa Barat, sebagai komponen akses, telah siap menjadi salah satu pendorong ekonomi baru di Jawa Barat, khusunya wilayah Ciayumajakuning.

Selain wisata, wilayah Jawa Barat juga menjadi sentra umroh di Indonesia yang memiliki potensi luar biasa. Emil menyebut, jumlah penumpang umroh dari Jawa Barat bisa mencapai hampir 600 ribu penumpang per tahun. “Bila BIJB ada anggaran promosi, saya arahkan agar dibelanjakan oleh marketing agar fokus ke dua urusan yaitu umroh dan kepariwisataan,” pesan Emil.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan