SDN Cipanas Sabet Sekolah Adiwiyata Nasional

widi/radarsukabumi TERUS BERPRESTASI: Kepala SDN Cipanas, Euis Sulaesih menunjukkan penghargaan dari Menteri LHK RI dan Mendikbud, sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional 2018, Rabu (9/1). (Insert), beberapa inovasi sekolah di bidang lingkungan.

“Prestasi ini tentunya tidak akan bisa diraih, jika tidak ada kerjasama pihak sekolah serta kerja keras dari para guru dan murid serta pihak-pihak yang juga sudah banyak membantu hingga kita mendapat penghargaan tertinggi ini,” ungkap bangga.
Menurutnya, sebelum terbentuk

sekolah adiwiyata ini, pihak sekolah telah berkomitmen untuk peduli lingkungan. Tentunya hal ini dibuktikan dengan pembenahan yang terus dilakukan di bidang lingkungan. Salah satunya mulai menanam pohon di lingkungan sekolah.

Bacaan Lainnya

Euis berharap dengan adanya penghargaan ini, siswa bisa lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan.
“Intinya sih kita lebih berharap semua kerja keras ini tidak hanya sebatas bangga karena prestasi saja, tetapi siswa dan guru bisa ikut bersama-sama menjaga lingkungan dan mengiplemtasikannya saat berada di lingkungan rumah,” ajaknya.

Sementara itu, Koordinator Adiwiyata SDN Cipanas Dodah Nuryani menambahkan, pihak sekolah memiliki beberapa inovasi di bidang lingkungan.

Seperti adanya green house, budidaya tanaman toga, pengelolaan sampah plastik menjadi barang bermanfaat, budidaya ikan patin dan memanfaatkan air bekas wudhu untuk menyiram tanaman.

“Inovasi lainnya kita juga membiasakan anak membawa tempat makan dan minum sendiri dari rumah, tujuannya untuk mengurangi sampah plastik,” ulasnya.

Sedangkan untuk pengelolaan sampah plastik terutama plastik bekas minuman segar, pihaknya menyulapnya menjadi barang bermanfaat seperti tempat buah, tempat minum air kemasan ataupun tas.

“Tetapi untuk plastik minuman kemasannya itu hasil dari siswa dikumpulkan dari lingkungan rumahnya, karena di sekolah sendiri minuman kemasan itu kita larang,” tutupnya.

 

(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *