KOTA SUKABUMI

Perkuat SDM Persiapan Dana Kelurahan

RADARSUKABUMI.com – CIKOLE- Bagian Tata Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Sukabumi terus melakukan persiapan dalam pengelolaan dana kelurahan yang akan diluncurkan mulai 2019 ini. Salah satunya mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk kuasa pengguna anggaran, penggunaan anggara dan bendahara pengeluaran di Keluruhan dan Kecamatan se-Kota Sukabumi.

“Kita lakukan persiapan-persiapan sebelum Juklak dan Juknis keluar dari pemerintah pusat. Kita perkuat dulu dari segi Sumber Daya Manusia nyah,” ujar Kepala Bagian Tata pemerintah Setda Kota Sukabumi, Tejo Condro, belum lama ini.Dijelaskan Tejo, sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah nomor 17/2018 pasal 30 tentang dana kelurahan, bahwa dana

kelurahan dialokasikan sebesar 5 persen dari APBD setelah dikurangi Dana Alokasi Khsusus. Besaran sementara ini untuk dana kelurahan se- Kota Sukabumi sebesar Rp. 352 juta setiap kelurahan. “Diperuntukan untuk sarana dan prasarana keluruhan dan pemberdayaan masyarakat kelurahan, artinya ada fisik dan non fisik. Nah untuk item-itemnya kita sedang menunggu Juklak dan Juknisnya,” ujarnya.

Ditambahkan dia, dalam menyusun kegiatannya pun harus melalui musyawarah rencana pembangunan tingkat kelurahan sehingga rencana strategi jelas. “Kedepan nanti ada RPJM keluruhan dan RPJM kecamatan, jadi jelas Rensra nya, apalagi kedepepan tidak Rp. 350 juta bisa mencapai Rp 1 miliar,”terangnya.

Memang sambung dia, dalam mengelola anggaran dana keluruhan itu harus memiliki SDM yang mumpuni. Makanya saat ini pemerintah melakukan persiapan dari segi SDM di setiap aparat wilayah.

“Dalam unsur manajeman kan ada 6 M, yaitu man, money, materials, machines, method, dan markets. Money sudah ada, metode sudah ada tinggal melaksanakan musrembang, begitu pun market dan materil sudah siap. Nah tinggal Man atau manusianya ini kita akan penuhi, salah satunya kegiatan Bimtek ini untuk kuantitas nanti kita akan tambah,” terangnya.

 

(bal/d)

Tags

Tinggalkan Balasan