Kecamatan Warudoyong

Wilayah Pengembangan UKM, Budaya, dan Pariwisata.

RADARSUKABUMI.com – Luas wilayah Kelurahan Warudoyong mencapai 43,09 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat, yakni sebanyak 6.360 jiwa dengan 1.469 kepala keluarga. Kelurahan Warudoyong memiliki 05 RW dan 32 RT. Kelurahan Warudoyong berpotensi pada pengembangan sektor UKM, pariwisata, dan budaya.

Laporan Hiti Robiah

Batas wilayah dari Kelurahan Warudoyong sebelah utaranya adalah Kelurahan Nyomplong, sebelah selatannya dengan Kelurahan Dayeuhluhur, sebelah baratnya dengan Kelurahan Dayeuhluhur/Kelurahan Nyomplong dan sebelah timurnya berbatasan dengan Kelurahan Tipar/Kelurahan Cikondang.

Kelurahan Warudoyong menurut Lurah Warudoyong Iyan Rojiman, S.IP, MM merupakan kelurahan yang berkembang dalam segi pariwisata, budaya dan pengembangan penggiat UKM.

Sektor UKM yang diunggulkan di Kelurahan Warudoyong salah satunya terdapat di RW 05 yakni produksi seprai dari kain perca (limbah kain), adapun UKM lain seperti keripik dan kerupuk kulit serta lain sebagainya.

Dalam sektor budaya, di Kelurahan Warudoyong pun terdapat kesenian pencak silat. Dengan demikian salah satu budaya sunda yang ada tetap dilestarikan. Terletak di RW 01 tepatnya di Kampung Warudoyong dan dipimpin oleh Hamdan.

Untuk sektor pariwisata, Kelurahan Warudoyong memiliki hal unik dan sangat instagramable untuk para kaum millenial. Tempatnya bernama Kampung Pelangi yang berada di RW 05 RT 04/02. Dengan langkah pertama dikonsultasikan dengan Dispora supaya bisa meningkatkan penghasilan tambahan bagi warga sekitar karena sudah ditentukan oleh Iyan bahwa pariwisata ini berbasis ekonomi kerakyatan.

Dari semua sektor yang ada di Kelurahan Warudoyong, Lurah Iyan menyampaikan pula tentang segi keamanan yang akan terus ditingkatkan dan bekerja sama dengan beberapa pihak.

“Kami selalu berkordinasi dengan Babinsa, Babinmas, RT dan RW, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur lainnya agar senantiasa meningkatkan keamanan dan ketertiban di Kelurahan Warudoyong,” kata dia.

 

(cr5/d)

Tags

Tinggalkan Balasan