SUKABUMI

Relokasi Harus Dilakukan

RADARSUKABUMI.com – SUKABUMI – Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita mendatangi lokasi bencana longsor di Kampung Ci Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, kemarin (3/1).

Selain memberikan santunan kepada para korban, ia juga memastikan semua rumah yang berdekatan dengan lokasi longsor harus direlokasi. “Harus direlokasi, tidak boleh di sini lagi. Melihat geografisnya, ini benar-benar rawan terjadinya longsor,” tegas Agung Gumiwang saat konferensi pers di lokasi bencana.

Menurut Agung, pihaknya akan mengajak Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membahas soal relokasi tersebut. Soal biaya relokasi, ia memastikan akan menanggung semua biaya pembangunan rumah.

“Pemprov Jabar sebelumnya menyebut akan membiayai pembangunan rumah. Supaya tidak tumpang tindih anggarannya, nanti akan kita bahas dengan Pak Gubernur. Pemda Kabupaten Sukabumi hanya tinggal menentukan lahan untuk relokasi saja,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono. Menurutnya, memang ke depannya harus dilakukan relokasi. Mengingat, kerawanan longsor di lokasi kejadian masih sangat tinggi.

“Karena ini berkaitan dengan adat, maka lahan relokasinya pun tidak akan jauh dari sini. Yang penting, lahannya aman dan tidak rawan longsor lagi,” harapnya.

1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan