Mensos: Relokasi Harga Mati, Komentar Kades Setengah Hati, Penyebabnya

RADARSUKABUMI.com SUKABUMI— Hari ini Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita turun langsung mendatangi lokasi bencana longsor di Kampung Cimapag Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok. Selain memberikan santunan terhadap para korban, ia juga memastikan semua rumah yang berdekatan dengan lokasi longsor harus direlokasi segera.

“Harus direlokasi, tidak boleh di sini lagi. Melihat geografisnya, ini benar-benar rawan terjadinya longsor,” ujar Agung Gumiwang Kartasasmita saat konferensi pers di lokasi bencana.

Bacaan Lainnya

Menurut Agung, pihaknya akan mengajak Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membahas soal relokasi. Soal biaya relokasi, ia memastikan akan menanggung semua biaya pembangunan rumah.

“Pemprov Jabar sebelumnya menyebut akan membiayai pembangunan rumah. Supaya tidak tumpang tindih anggarannya, nanti akan kita bahas dengan Pak Gubernur. Pemda Kabupaten Sukabumi hanya tinggal menentukan lahan untuk relokasi saja,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono. Menurutnya, memang ke depannya harus dilakukan relokasi. Mengingat, kerawanan longsor di lokasi kejadian masih sangat tinggi.

“Karena ini berkaitan dengan adat, maka lahan relokasinya pun tidak akan jauh dari sini. Yang penting, lahannya aman dan tidak rawan longsor lagi,” timpalnya.

Sementara itu, Kades Sirnaresmi, Iwan Suwandri mengaku, rencana relokasi yang akan dilakukan pemerintah daerah, provinsi dan pusat saat ini dinilai tidak bertentangan dengan adat. Mengingat, lahan untuk relokasi warga juga tidak jauh dari lokasi saat ini.

“Sejauh ini kami menilai rencana relokasi tidak bertentangan dengan adat, selama lahan itu tidak jauh dan rumah yang dibangunnya pun seperti dulu,” pungkasnya.

Soal bantuan untuk pembangunan rumah, Iwan mengaku masih sangsi. Hal ini mengingat pernyataan tersebut masih wacana atau belum terealisasi.

“Kita lihat saja nanti. Saya belum merasa pas, kalau belum terealisasi. Kita doakan supaya apa yang disampaikan beliau, benar-benar terwujud,” pungkasnya. (ren/die)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *