Proper Hijau Untuk Enam Pabrik Danone-AQUA, Dari KLHK

BERPRESTASI: Kepala Pabrik AQUA Babakan Pari, Edwison Yasir menerima Penghargaan Proper dari Menteri LHK, Siti Nurbaya.

Sebagai bagian dari Danone, pihaknya memiliki komitmen yang disebut dengan komitmen ganda, yaitu tidak hanya meningkatkan kinerja bisnis, tetapi juga sosial dan lingkungan.

“Hal tersebut sejalan dengan yang diamanatkan pemerintah dalam poper,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Dalam menjalani bisnisnya, Danone-AQUA memegang standar kepatuhan terhadap peraturan pemerintah dalam lingkungan. “Karenanya, secara konsisten kami melihat proper sebagai ukuran kami dalam memenuhi standar kepatuhan terhadap lingkungan dan juga memberikan lebih daripada yang dipersyaratkan,” katanya.

Vera menjelaskan, melalui inisiatif sosial dan lingkungannya, Danone-AQUA juga berupaya mendukung target pemerintah dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Kami mengembangkan program peningkatan akses air bersih/Wash yang telah memberikan manfaat bagi lebih dari 160 KK yang tersebar di Indonesia,” ungkap Vera.

Selain itu, pabrik-pabrik Danone-AQUA juga menerapkan operasional ramah lingkungan serta green office untuk membantu dalam mengurangi jejak karbon. Untuk mendorong terciptanya lingkungan yang bersih, Danone-AQUA melakukan pengelolaan sampah botol plastik melalui tiga pilar #BijakBerplastik yaitu peningkatan infrastruktur pengumpulan sampah botol plastik, edukasi 3R serta inovasi produk.

“Dalam memastikan keberlanjutan sumber daya air, kami juga telah melakukan berbagai program konservasi di wilayah DAS tempat kami beroperasi,” ulasnya.

Penilaian proper diukur dari penerapan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terhadap masyarakat melalui program pengembangan masyarakat.

Peringkat kinerja proper dibedakan menjadi lima warna yaitu emas, hijau, biru, merah dan hitam. Untuk aspek ketaatan adalah biru, merah dan hitam. Sedangkan kriteria penilaian aspek yang masuk kategori lebih dari yang dipersyaratkan (beyond compliance) adalah hijau dan emas.

Sementara itu, Kepala Pabrik AQUA Babakan Pari Edwison Yasir menerima Penghargaan Proper dari Menteri LHK, Siti Nurbaya.(*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *