Featured

You Know What, Minum Kopi Itu Bermanfaat untuk Kesehatan

RADARSUKABUMI.com – Hasil penelitian terbaru di Inggris menunjukkan peminum kopi cenderung tidak cepat meninggal dibandingkan orang yang tidak minum kopi.

Tim di National Cancer Institute menggunakan data dari orang-orang yang mengambil bagian dalam studi genetik besar di Inggris yang disebut Biobank Inggris.

Lebih dari setengah juta orang dengan sukarela memberikan darah mereka dan menjawab pertanyaan tentang kesehatan dan gaya hidup yang terperinci untuk penelitian mengenai gen dan kesehatan.

Tim itu melihat siapa saja yang minum kopi, berapa banyak mereka mengonsumsi kopi serta jenis kopi apa yang mereka konsumsi. Kemudian mencari perbedaan dalam beberapa gen yang terlibat dalam metabolisme kafein. Selanjutnya, mereka melihat tingkat kematian selama 10 tahun penelitian.

Orang-orang yang minum kopi, tidak peduli berapa banyak atau jenis kopi apa yang mereka minum, lebih kecil kemungkinannya meninggal selama periode 10 tahun daripada peminum non-kopi, menurut penelitian yang dilaporkan pada bulan Juli lalu di Journal of American Medical Association’s JAMA Internal Medicine.

“Bahkan orang-orang yang mengatakan mereka minum lebih dari delapan cangkir sehari lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal, rata-rata, daripada non-peminum kopi,” kata pemimpin studi, Erikka Lotfield, seperti dilansir laman Today, Selasa (18/12).

Para sukarelawan kebanyakan orang Inggris dan memiliki kebiasaan minum kopi yang berbeda dari kebanyakan belahan dunia lainnya. Untuk satu hal, mereka lebih mungkin minum kopi instan.

Dan beberapa kebiasaan dan karakteristik mereka mungkin membuat para peminum kopi Inggris ini terlihat tidak sehat.

Di sisi lain, relawan Biobank Inggris tidak mewakili publik Inggris dan mungkin, pada kenyataannya, lebih sehat.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan