KABUPATEN SUKABUMI

Mantap, Yonif Raider 323/BP Juara I Tonranting 2018

SUKABUMI – Kerja keras disertai semangat tinggi yang diperlihatkan prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 323/Buaya Putih (BP) Kostrad, dalam membuktikan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dalam Lomba Peleton Beranting (Ton Ranting) Yudha Wastu Pramuka Jaya di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), tidak sia-sia.
Perjuangannya dalam melakukan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) di Desa Bojong Tipar, Kecamatan Bojong Lopang Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi selama tiga hari kemarin, Jumat (14/12) hingga Minggu (16/12) akhirnya berbuah manis dengan dinobatkannya Yonif Raider 323/Buaya Putih (BP) Kostrad menjadi juara ke-1 Lomba Gerak Jalan Tonranting Yudha Wastu Pramuka Jaya tingkat Kodam III Siliwangi dan Kostrad 2018. Disusul Yonif Raider 303/SSM Kostrad di posisi kedua dan ketiga dari Yonif 310/KK Kodam III.
Penyerahan piala dan piagam penghargaan diserahkan langsung Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono kepada Palakhar Yonif Raider 323/13/1 Kostrad, Kapten Inf Agustinus Kristiatmojo di Makodam III Siliwangi, Rabu (19/12). Giat tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Infanteri ke-70.
“Peringatan Hari Infanteri ini bertujuan untuk menghidupkan kembali dan memperkokoh tekad serta semangat juang setiap prajurit infanteri, dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta. Seperti yang pernah dicontohkan oleh para pendahulu Korps Infanteri,” tegas Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Tri Soewandono dalam sambutannya.
Menurutnya, keberhasilan Yonif Raider 323/13/1 Kostrad menjadi juara pertama dalam Tonranting Yudha Wastu Pramuka Jaya itu karena para prajurit ini memiliki semangat tinggi.
“Ini bukan berarti satuan dari pleton lainnya tidak memperlihatkan semangat yang tinggi, justru semangat kebersamaan serta dedikasi yang tinggi juga diperlihatkan oleh prajurit lainnya,” tegasnya.
Pria ramah itu menilai, keberhasilan yang diraih Yonif Raider 323/13/1 Kostrad berkat kerja keras melalui latihan secara intensif diantaranya pembinaan fisik, pemeliharaan perlengkapan, menjaga kekompakan dan memupuk jiwa korsa menjadi satu kesatuan dalam peleton tersebut serta keberhasilan dalam pembinaan satuan yang dilakukan oleh komandan satuan.
Pantauan Radar Sukabumi, bukan perkara gampang menjadi nomor wahid. Para harus bersaing secara ketat selama lomba berlangsung.
Sejumlah kriteria dipasang, guna menghasilkan yang terbaik. Seperti kelengkapan pasukan dari star hingga finish,  kerapian,  kekompakan, kedisplinan, kebersihan dan lainnya. Dari semua kriteria itu, tim dari Yonif Raider 323/ BP Kostrad mengungguli para pesaingnya.
Apa yang dilakukan para prajurit Yonif Raider 323/ BP Kostrad sarat jiwa pengabdian, dengan militansi yang tinggi. Sikap para prajurit juga mencerminkan potret perjuangan tanpa akhir, tidak mengenal kata menyerah dan kerelaan berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.
Sementara itu, Palakhar Yonif Raider 323/13/1 Kostrad Kapten Inf Agustinus Kristiatmojo mengaku bangga sekaligus senang timnya menjadi juara pertama.
“Yonif Raider 323/BP Kostrad berhasil merebut kembali juara ke-1 yang sebelumnya pernah kami torehkan pada 2016,” tutur Kapten Inf Agustinus Kristiatmojo.
Ia mengungkapkan, tahun lalu yakni 2017 pihaknya tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti lomba yang sama.
“Karena waktu itu prajurit Yonif Raider 323/BP Kostrad sedang melaksanakan tugas pengamanan di perbatasan,” terangnya.
Meski begitu. ia mengaku timnya memiliki keistimewaan.
“Keistimewaan tim dari Yonif Raider 323/BP Kostrad adalah mereka mempunyai mental dan semangat juang juara yang kuat, dan itu tertanam dari hati mereka,” tegasnya.
Rencananya, kedatangan tim Ton Ranting Raider 323/BP Kostrad ini akan disambut Walikota Banjar, Ade UU Sukaesih dan unsur Forkopimda Kota Banjar serta seluruh prajurit Yonif Raider 323 Kostrad di Alun-Alun Kota Banjar, Kamis (20/12).
Seperti diberitakan sebelumnya, selama tiga hari di Sukabumi Prajurit Yonif Raider 323/13/1 Kostrad banyak melakukan kegiatan teritorial yang sangat mulia. Mereka bahu membahu bersama masyarakat melakukan karya bhakti berupa pembuatan parit sepanjang 100 meter.
Tidak sampai disitu, mereka juga melakukan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) berupa pemberian materi bela negara serta pemahaman Pancasila kepada murid-murid SD Negeri (SDN) 1 Artana.
Keesokan harinya, Sabtu (15/12) tanpa mengenal lelah mereka tetap melaksanakan kegiatan Karya Bhakti. Namun kali ini berupa pengecatan Masjid Nurul Iman dan penanaman 100 pohon.
Di hari terakhir, Minggu (16/12), para prajurit melaksanakan tiga kegiatan sekaligus yaitu pengobatan massal, hiburan bersama masyarakat yang dilanjutkan dengan pelepasan Pasukan Ton Beranting Yonif Raider 323/13/1 Kostrad. Kegiatan Teritorial Yonif Raider 323/13/1 Kostrad ini melibatkan unsur Koramil 22-07/Bojong Lopang, Kodim 0622/Sukabumi, Pemerintah Desa, Linmas, Karang Taruna dan masyarakat Bojong Tipar.(*/sri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *