KPU Harus Waspadai Politisasi

Selain juga KPU harus solid dan memiliki sistem integritas di internalnya. Untuk dapat membentengi jajarannya dari praktik curang atau perilaku yang tidak baik.

“Oleh karena itu, KPU harus punya pelatihan yang cukup, bimtek yang memadai. Lalu instrumen sosialisasi dan diseminasi informasi yang baik kepada personilnya di lapangan,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Titi juga mempredikasi Pemilihan Umum Serentak 2019 sebagai yang terberat dalam sejarah demokrasi Indonesia.

“Pemilu 2019 adalah pemilu yang paling berat yang akan diselenggarakan oleh kita dalam perjalanan sebuah bangsa. Hal terberat dalam konteks teknisnya,” ujar Titi.

Menurutnya, dalam hal penyelenggaraan, tidak ada pemilu yang seberat tahun depan. Dibandingkan dengan Pemilu 1999 meskipun dilaksanakan di masa transisi memasuki era Reformasi. Begitu juga dibandingkan dengan Pemilu 2004, 2009, dan 2014.

“Dari sisi beban, tidak pernah ada yang seberat 2019. Misalnya, sebagai ilustrasi yang sederhana tidak ada negara lain surat suara yang seperti ini, beberapa negara memang belum banyak ratusan calon yang terbagi dalam lima posisi akan dipilih dalam waktu bersamaan, hari yang sama, TPS yang sama,” papar Titi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *