BI Berikan Pemahaman Keaslian Rupiah

RADARSUKABUMI.com – SUKABUMI– Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat menggelar sosialisasi dan edukasi ciri-ciri keaslian uang rupiah salah satu pusat perbelanjaan di Sukabumi, Sabtu (15/12).

Kegiatan yang dikemas dalam ‘Sukabumi Mapag Rupiah Mantap’ ini dihadiri langsung Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Sukarelawati Permana.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatannya, Sukarelawati mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarat tentang ciri-ciri keaslian uang rupiah dan menekankan cara memperlakukan uang rupiah dengan baik yakni dengan 5 Jangan.

“Jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas dan jangan dibasahi,” ujar Sukarelawati kepada awak media disela-sela sosialisasi.
Ia menambahkan, selain sosialisasi keaslian uang rupiah, juga diadakan penukaran uang tidak layak edar dan uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran serta launching tapping box dan pajak online.

“Kegiatan yang dilaksanakan Bank Indonesia di Sukabumi beragam mulai bicara rupiah tunai dan non tunai,” tambahnya.
Dalam momen itu pula sambung dia, BI tidak hanya memberikan kesadaran akan kewajiban penggunaan uang rupiah, tetapi menekankan penggunaan uang nontunai khususnya di pemerintahan.

“Hal ini untuk menindaklanjuti langkah Kementerian Dalam Negeri yang bekerjasama dengan BI mencanangkan gerakan nasional non tunai (GNNT) untuk seluruh pemerintahan pada 2017. Di Jabar sudah mengadakan Mou atau nota kesepahaman dengan gubernur Jabar dan kepala daerah se-Jabar,”imbuhnya.

Sementara itu, penyampaian sosialisasi keasliaan uang tersebut dilakukan dengan cara unik, yakni dengan menggunakan tokoh pewayangan Gatot Kaca. Sehingga banyak warga yang tengah berada di pusat perbelanjaan tertarik untuk melihatnya.

Sukarelawati menambahkan, kegiatan ini dinamakan Sukabumi Mapag Rupiah Mantap. Dalam artian Sukabumi menyambut rupiah murah, aman, nyaman, simple, transparan/akuntable, akurat dan praktis.

(net)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *