KOTA SUKABUMI

Sembilan Warga Sudah di Sulbar

RADARSUKABUMI.com – CIKOLE- Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) telah memberangkatkan dua kepala keluarga (KK) ke daerah Mamuju Tengah Sulawesi Barat (Sulbar) dalam program transmigrasi.

“Minggu kemarin sebanyak dua KK yang berjumlah sembilan jiwa sudah diberangkatkan dan selamat sampai tujuan,”ujar Plt. Disnakertrans Kota Sukabumi Iyan Damayanti, belum lama ini.

Mereka kata Iyan akan menggarap lahan pertanian sekitar dua hektar dan diberikan tempat tinggal, termasuk fasilitas lainnya. Diantaranya, pendidikan dan kesehatan yang lokasinya tidak jauh dari tempat mereka.

“Program transmigrasi ini kan gratis dibiayai oleh APBD dan APBN. Sehingga selama satu tahun mereka masih dibiayai oleh pemerintah,”terangnya.

Dijelaskan Iyan kualifikasi untuk ikut program tersebut, tentu saja sudah berkeluarga dan usia tidak terlalu tua atau muda serta dipastikan sudah tidak masuk ke kualifikasi untuk bekerja di sana.

Sebelum diberangkatkan, terang Iyan, mereka juga mendapatkan pelatihan, selain pertanian bagi suaminya, istrinya juga mendapatkan pelatihan kecantikan atau menjahit.”Jadi mereka sudah siap apa yang harus dikerjakan disana sesuai dengan program transmigrasi,”ujarnya.

loading...
1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close