CATATAN DAHLAN ISKAN

Crazy Rich di Mana Saja

RADARSUKABUMI.com – Apakah 1212? Bagi orang India itu ‘Hari Crazy Rich Asia’. Versi India. Itulah pesta perkawinan putri orang terkaya India. Atau terkaya nomor 38 dunia: Mukesh Ambani. Dari grup Reliance.

Perkawinan itu puncaknya 12 Desember kemarin. Diawali dengan pesta pre-wedding. Selama dua hari. Tanggal 8 dan 9 Desember. Akan diakhiri 19 Desember nanti.

Nama pengantin wanitanya: Isha Ambani. Umur 27 tahun. Lulusan Stanford University California. Anak ketiga Mukesh Ambani. Satu-satunya perempuan. Diistimewakan. Pengantin prianya: Anand Piramal. Umur 33 tahun. Lulusan Harvard University, Boston. Anak konglomerat India: Ajay Piramal. Puncak perkawinan itu dilangsungkan di Mumbai. Di ‘rumah’ pengantin putri. Di Jalan Altamount.

Kata rumah saya beri tanda kutip. Saking tidak bisa dikategorikan rumah biasa. ‘Rumah’ Mukesh Ambani itu lebih tepat disebut tower. Tingginya setara dengan gedung 60 tingkat. Tapi hanya dibuat 27 lantai. Ada tiga tempat pendaratan helikopter di atasnya. Desainnya pun menjadi perhatian dunia. Meski saya tidak begitu suka. Rumah itu diberi nama Antilla. Nama sebuah pulau dalam legenda. Hanya untuk satu keluarga. Mukesh Ambani.

Waktu ke India dulu saya memerlukan ke Jalan Altamount itu. Ingin tahu rumah yang menghebohkan dunia: sejak sebelum dibangun. Waktu saya ke situ bangunannya hampir jadi. Nama Antilla belum ditahbiskan. Biaya pembangunannya: Rp 14 triliun. Biaya perkawinan ini pun pasti menghebohkan. Meski bisa saja nilainya dilebih-lebihkan medsos: USD 100 juta. Setara Rp 1,4 triliun. Hampir sama dengan pesta perkawinan Lady Di dengan Pangeran Charles.

Untuk prewed-nya saja misalnya: mencarter lima hotel berbintang lima. Di kota indah Udaipur. Yang juga digelari Kota Danau. Sekitar 800 km di utara Mumbai. Yang ketinggian kotanya 600 meter. Setara dengan Cipanas, Bogor. Penyanyi top Amerika didatangkan: Beyonce. Untuk tampil dua hari.
Bintang-bintang Bollywood tumplek blek. Mulai Shah Rukh Khan sampai Priyanka Chopra. Salman Khan sampai Deepika Padukone.

loading...
1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close