Pohon Tua Palabuhanratu Minta ‘Dicukur’

RADARSUKABUMI.com – PALABUANRATU– Memasuki musim penghujan tahun ini, sejumlah pohon mulai bertumbangan karena dimakan usia. Seperti yang terjadi di Sukaralang, kemarin (13/12) salah satu pohon jenis trembesi tumbang menimpa dua mobil yang melintas di Jalan Sukabumi-Bandung.

Kejadian tersebut selain membuat macet juga membuat was-was para pengendara jalan. Perasaan tersebut terjadi juga pada warga Palabuhanratu. Betapa tidak disepanjang jalan menuju Palabuhanratu hingga perbatasan Provinsi Jawa Barat banyak terdapat pohon yang usianya sudah tua.

Bacaan Lainnya

Dengan kondisi tersebut, pengendara meminta dinas PU Bina Marga Kabupaten ataupun Provinsi Jawa Barat agar secara berkala memangkas ranting pohon yang rampuh yang menghalangi sisi ruas jalan yang di lewati karena dikhawatirkan akan membahayakan serta mengancam keselamatan jiwa pengendara roda empat.

“Saya setiap kali melintas di ruas jalan Palabuhanratu membuat was-was karena terdapat pohon tua yang berukuran besar. Kalau pas hujan datang, saya takut pohon atau rantinya tumbang, “kata salah seorang pengendara motor warga Cikelat, Kecamatan Palabuanratu Dede (45) kepada koran ini, kemarin (13/12).

Selain usia pohon sudah tua, juga ranting pohon sering terkena angin dan hujan. Sebab itu bila ranting jatuh bakal membahayakan bagi keselamatan para pengendara yang ada.

“Terlebih tanaman disepanjang kawasan hutan lindung diameternya sangat tinggi dan umurnya sudah pada tua hingga mencapai ratusan tahun. Oleh sebab itu, setiap melintas keruas jalan itu selalu dibayang-bayangi rasa cemas, dimana pohon bisa secara tiba-tiba tumbang, ” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *