Wilayah Pengembangan Pertanian, Jasa Perdagangan , Home Industri, dan Perumahan

RADARSUKABUMI.com – Secara garis besar Kelurahan Dayeuh Luhur berpotensi pada sektor pertanian, jasa perdagangan, industri dan perumahan. Hal ini terbukti dengan berdirinya 6 perumahan yang berada di wilayah Kelurahan Dayeuhluhur dan pabrik sosis yang tidak jauh dari kantor Kelurahan Dayeuh Luhur
.

Laporan Hiti Robiah

Bacaan Lainnya

Kelurahan Dayeuh Luhur memiliki luas wilayah 233 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Dayeuh Luhur sebanyak 21 RW dan 76 RT. Jumlah penduduk sampai data terakhir sebanyak 16.589 jiwa dengan 4.163 kepala keluarga.

Kepala Seksi Pembangunan Kelurahan Dayeuh Luhur, Docce Amirjaya menerangkan Kelurahan Dayeuh Luhur merupakan kelurahan yang memiliki potensi pengembangan pertanian, jasa perdagangan, industri dan perumahan. Jenis pekerjaan penduduk di Kelurahan Dayeuhluhur sama seperti jenis pekerjaan masyarakat di kelurahan lain di Kota Sukabumi.

Wilayah pesawahan hampir seluas 100 ha terhampar luas di Kelurahan Dayeuh Luhur, sehingga terdapat banyak warga yang memilih profesi sebagai petani, yakni sebanyak 150 jiwa sesuai data yang di dapat. Adapun profesi lain yang dipilih masyarakat Kelurahan Dayeuhluhur, seperti TNI sebanyak 23 jiwa, pegawai negeri sipil sebanyak 270 jiwa, pedagang sebanyak 1.330 jiwa, pelajar/mahasiswa 1.435 jiwa, buruh/buruh kasar sebanyak 2.180 jiwa dan lain lainnya.

Melihat batas wilayah pada Kelurahan Dayeuh Luhur, sebelah utaranya berbatasan dengan Kelurahan Sindang Sari/Kelurahan Cikondang, sebelah selatannya berbatasan dengan Kelurahan Cipanengah, sebelah baratnya berbatasan dengan Kelurahan Suka Karya, sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Kelurahan Warudoyong.

Wilayah Kelurahan Dayeuh Luhur memiliki potensi pada pengembangan sektor pertanian, jasa perdagangan, industri dan perumahan. Terdapat pabrik sosis yang baru dibangun. Separo karyawannya berasal dari warga sekitar. Dampak pembangunan pabrik sosis ini positif, sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran di wilayah Kelurahan Dayeuh Luhur.

Sektor jasa perdagangan kerap menjadi sektor unggulan di Kelurahan Dayeuh Luhur, karena letaknya yang strategis untuk berjualan sepanjang RW 18 sampai RW 21 atau biasa disebut Jalan Jalur. Warga kelurahan sebagian ada yang menjadi pemilik toko dan ada pula yang bekerja di kios atau toko-toko sekitarnya. 


Pembangunan perumahan di wilayah Kelurahan Dayeuhluhur akan terus berkembang. Saat ini sudah terdapat enam perumahan yang berdiri di tanah Kelurahan Dayeuhluhur. Setiap perumahan memiliki ciri khasnya masing-masing. Bahkan ada perumahan yang hanya dibangun sekitar 20 unit rumah saja. 

Namun sedikit yang masih belum ditemui ialah sektor pendidikan. Docce menyampaikan bahwa di Kelurahan Dayeuh Luhur terdapat SD namun tidak ada SMP dan SMA. Sehingga masyarakat menyekolahkan anak-anaknya ke kelurahan lain.

“Sektor pendidikan di kami memang kurang lengkap, hanya terdapat SD, paket B dan pket C namun tidak terdapat SMP dan SMA-nya, sehingga masyarakat menyekolahkan anaknya keluar wilayah saja,” pungkasnya. Ia berharap kembali pemerintah dapat mewujudkan keinginan kami untuk menyediakan sekolah tingkat SMP dan SMA sehingga kelurahan kami yang jumlah penduduknya terbilang banyak bisa menyekolahkan anak-anaknya di sekitar kelurahan.

(cr5/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *