Ketika Pembangunan Trase Cabel Car Terwujud di Lembang

Perusahaan asal Australia, Dopplemayr yang bergerak di bidang pembuatan Cable Car atau Kereta Gantung menjadi investor utama rencana pembangunan trase Cable Car di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

POJOK JABAR BANDUNG

Bacaan Lainnya

Hak tersebut diungkapkan oleh Direktur BUMD PT. Perdana Multiguna Sarana (PMgS) Denny Ismawan, belum lama ini di Ngamprah. Menurutnya, sejauh ini BUMD milik Pemkab Bandung Barat telah menjalin kerjasama dengan Dopplemayr UNTUK merealisasikan keinginan Bupati.

“Sudah kita teken MoU, Dopplemayr ini kan yang membangun Cable Car di pegunungan Alpen. Kontruksi dan keamanannya sudah teruji,” ungkap Denny.

Dia menjelaskan, awalnya trase yang akan dibuat dari titik awal objek wisata Farmhouse ke Floating Market lalu The Loudge, namun ada pergeseran titik menjadi Farmhouse-Floating Market- Pasar Panorama Lembang.

Trase tersebut akan menjadi awal dan ke depan bisa terintegrasi ke sejumlah kawasan termasuk ke Walini, Cikalong Wetan. Denny menilai perusahaan asal Austria Dopplemayr memiliki pengalaman puluhan tahun dalam membuat cable car. Salah satunya cable car yang ada di pegunungan Alpen, Austria yang keamanannya sangat terjamin.

Sehingga dengan latar belakang itu dan rute di kawasan Lembang yang akan dilalui, faktor keamanan dan keselamatan akan menjadi proiritas dalam pembangunannya. “Pembiayaan pembangunannya tidak menggunakan APBD tapi sepenuhnya ditanggung oleh investor. Nah bagi hasilnya nanti salah satunya dari sektor penjualan tiket,” tutur Denny.

Sedangkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menambahkan, keberadaan cable car akan menjadi salah satu solusi kemacetan yang selama ini terjadi di kawasan Lembang.

Dia memprediksi untuk membangun cable car dari Farmhouse ke Floating Market membutuhkan biaya sekitar Rp120 miliar, sehingga butuh investor untuk merealisasikannya. “Selain untuk wisata, cable car ini juga untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke kawasan Lembang,” kata Umbara.

(RBD/bie/pojokjabar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *