Ngeri !!! ada Modus Baru Penjualan Anak

RADARSUKABUMI.com – CIANJUR – Seiring berkembangnya zaman, modus baru penjualan anak pun beralih menjadi lebih trendi. Ya, jual beli atau perdagangan anak dinilai menjadi gaya hidup. Modusnya pun berevolusi dalam beragam bentuk sehingga membutuhkan langkah dan kerjasama dari segenap pihak untuk mengantisipasinya.

Pakar Hukum Pidana dengan Spesifikasi Tindak Pidana Perdagangan Orang, Henny Nuraeni mengatakan, perkembangan anak saat ini sudah berbeda dengan generasi sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, saat ini gaya hidup menjadi salah satu faktor trafficking anak. Secara faktor fundamental itu dikarenakan ekonomi, hanya saja saat ini sudah bergeser menjadi konsumtif.

“Keadaan ekonomi hanya menjadi alasan klasik yang sudah bukan rahasia umum didengar masyarakat, akan tetapi itu hanya kiasan di balik gaya hidup yang konsumtif,” ujarnya.

Menurut Henny, dalam hal tersebut pemerintah hanya kurang optimal untuk mencegah kasus anak yang terus berantai. Untuk mencegahnya pun peran serta masyarakat, terlebih orangtua dan lingkungan sangat penting.

“Harusnya anak itu mendapatkan perlindungan kasus dalam eksploitasi anak pun bisa diantisipasi bahkan dihindari jika semua pihak turut terlibat,” ucap Dekan Fakultas Hukum Universitas Suryakancana ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *