KOTA SUKABUMI

2019 Jalan Ahmad Yani Bebas PKL

RADARSUKABUMI.com, CIKOLE – Dinas perhubungan Kota Sukabumi mempunyai rencana akan menjadikan Jalan Ahmad Yani sebagai bebas kawasan Pedagang Kaki Lima dan tempat parkir. Terwujudnya kawasan itu setelah selesainya pembangunan pasar pelita di akhir 2019 mendatang.

“Kita akan memindahkan semua PKL dari jalan tersebut untuk menjamin kenyamanan para pejalan kaki yang menggunakan trotoar,” ujar Kepada Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman, kemarin (26/11).

Nantinya jalan yang merupakan pusat keramaian Kota Sukabumi itu akan menjadi tempat yang nyaman bagi para pejalan kaki. Tak hanya itu, lahan parkir juga tidak akan ada di jalan Ahmad Yani tapi akan di satu titikan.

” Kita akan berlakukan paradigma road for human not for car, jalan itu untuk manusia bukan untuk kendaraan, arus kendaraan juga akan menjadi lancar,” ujarnya.

Sementara itu, untuk kawasan parkir kata Abdul nantinya dipusatkan di satu titik. Tidak seperti saat ini di berbagai lokasi.

Dishub juga tidak akan memberlakukan parkir sebagai target pendapatan agar dapat leluasa menata dan mengatur tempat parkir sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemilik kendaraan.

“Memang kalau potensi parkir itu dijadikan target pendapatan, tidak akan bisa leluasa untuk mensterilkan ruas jalan tersebut karena memang potensi parkir banyak. Maknya kita nanti akan pikirkan secara bersama,” akunya.

Untuk itu guna menunjang penataan Jalan Ahmad Yani itu perlu dijadikan satu arah. Dengan begitu bisa memberikan kenyaman bagi pejalan kaki dan pengguna jalan.

” Sampai ini ini dalam kajian sebelum nanti kita implementasikan di tahun depan,” pungkasnya.

(bal/d)

Tags

Tinggalkan Balasan