Kecamatan Citamiang

Berpotensi pada Sektor Edukasi, Kesehatan dan UKM

RADARSUKABUMI.com – Secara garis besar Kelurahan Gedong Panjang berpotensi pada sektor Edukasi, Kesehatan dan UKM. Hal ini terbukti dengan adanya program Toga Edukasi (Tanaman Obat Keluarga) yang sudah mejuarai berbagai lomba hingga tingkat Provinsi Jawa Barat untuk mewakili Kota Sukabumi.

Laporan Hiti Robiah

Kelurahan Gedong Panjang ini memiliki luas wilayah 99,52 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Gedong Panjang nya sebanyak enam RW dan 30 RT. Jumlah penduduk sampai data terakhir sebanyak 7.659 jiwa dengan 2.218 kepala keluarga.

Kelurahan Gedong Panjang yang dipimpin Bunyamin ,S.sos ini merupakan kelurahan yang memiliki potensi pengembangan edukasi, kesehatan dan UKM. Jenis pekerjaan yang dipilih oleh masyarakat pun sama dengan jenis pekerjaan yang di perankan oleh masyarakat di kelurahan lain di Kota Sukabumi ini.

Seperti pegawai negeri sipil, swasta, buruh atau buruh kasar, wiraswasta/pedagang, nahkan tidak sedikit pula yang memilih menjadi petani.

Melihat batas wilayah pada Kelurahan Gedong Panjang, sebelah utaran nya berbatasan dengan Kelurahan Nanggeleng, sebelah selatan nya berbatasan dengan Kelurahan Jayaraksa Kecamatan Baros, sebelah baratnya berbatasan dengan Kelurahan Citamiang, sedangkan bagian timur berbatasan dengan Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibereum.

Wilayah Kelurahan Gedong Panjang memiliki potensi sebagai pusat edukasi , kesehatan, dan UKM. Jenis UKM yang menjadi khas Kelurahan Gedong Panjang ialah Kue Dangdut.

Dan salah satu program yang telah mengharumkan nama Kelurahan Gedong Panjang di Kota Sukabumi bahkan hingga tingkat provinsi itu sendiri yaitu adanya TOGA (Tanaman Obat Keluarga) edukasi.

Muchib ialah pencetus TOGA, warga RW tiga yang hobi bercocok tanam sejak tahun 2006, hingga kini tanaman obat yang ada di kebun nya sudah hampir mencapai 125 jenis dan berbagai pula khasiat yang dimiliki setiap tanaman.

Muchib menerangkan pula di kepemimpinan Lurah Gedong Panjang periode ini sangat memberikan kesan baik kepada warga nya, dan kenyataan nya ia pun bangga bahwa dengan pemimpin yang sekarang banyak menghasilkan piala dari berbagai jenis lomba yang diikuti oleh masyarakat dan pihak kelurahan.

“Bunyamin itu orang nya memasyarakat jadi selalu dukung warganya, termasuk saya dan TOGA ini, sampai saya diundang ke gedung sate dan dapat piala,” ucapnya.

Berbagai penghargaan lain pun telah diperoleh oleh pihak Kelurahan Gedong Panjang, seperti lomba Bulan Bakti Gotong Royong tingkat provinsi mendapat peringkat dua, lalu lomba MTQ menjadi juara umum tingkat kecamatan, dan masih banyak lagi prestasi yang dicapai oleh Kelurahan Gendong Panjang. (cr5/d)

Tags

Tinggalkan Balasan