BANDUNG

Pemprov Jabar, Genjot Budidaya Ikan

BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan terus menggenjot budidaya ikan di Jabar. Menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa, pada 2017 potensi ikan di Jabar 1,7 juta ton.

Yakni, terdiri dari 1,16 ton ikan budidaya dan 274 ribu ikan tangkap. “Peningkatan budidaya ikan di Jabar ini harus terus ditingkatkan karena potensinya lima kali lipat,” ujar Iwa di acara Festival Lauk Juara, di area Parkir Barat Gedung Sate Bandung, Jumat (16/11).

Iwa mengatakan, dengan meningkatkan budidaya ikan maka masyarakat bisa mendapatkan dua keuntungan. Pertama, bisa mencerdaskan masyarakat Jabar sehingga sejahtera sekaligus bisa menurunkan pengangguran.

“Dari data produksi ikan tersebut, mengindikasikan budidaya ikan di darat mutlak harus ditingkatkan. Salah satunya dengan kampanye terus menerus,” katanya.

Saat ini, kata dia, kekurangan yang dihadapi nelayan untuk budidaya ikan serta harus ditingkatkan adalah konsep inti plasma. Satu lokasi budidaya ikan, harusnya bisa membina plasma-plasma masyarakat.

“budidaya ikan harus terus dikembangkan karena potensinya hampir lima kali lipat dan kalau produksinya banyak maka masyarakat pun bisa mendapat harga wajar. Langkah ini harus di kembangkan,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan