Berpotensi Pengembangan Pendidikan, Olah Raga, dan Budaya

RADARSUKABUMI.com – Secara garis besar Kelurahan Benteng berpotensi pada pengembangan edukasi, olah raga, dan budaya. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya kampus Politeknik Sukabumi dan Gor Futsal Benteng di tempat yang tidak jauh dari kelurahan.

Laporan Hiti Robiah

Bacaan Lainnya

Kelurahan Benteng memiliki luas wilayah 21,12 Ha. Dengan pembagian wilayah Pemerintah Kelurahan Bentengnya sebanyak 10 RW dan 60 RT dan menurut Sekretaris kelurahan, Esa Wardhana dengan jumlah penduduk sampai data terakhir sebanyak 12.335 jiwa dengan 3.567 kepala keluarga.

Kelurahan Benteng termasuk wilayah yang dekat dengan Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Serupa dengan sejumlah penduduk di kelurahan lain di Kota Sukabumi bahwa sebagian besar pekerjaan penduduk di Kelurahan Benteng adalah mengikuti pekerjaan sebagian besar penduduk perkotaan.

Di mana hampir sebagian besarnya ada yang bekerja menjadi pegawai negeri sipil, pegawai swasta, wiraswasta, pedagang dan hanya sebagian kecil yang bekerja sebagai petani yang hanya 26 orang dari data yang didapat. Ada juga pensiunan sebanyak 160 jiwa, Polri 54 jiwa, TNI AD enam jiwa, buruh 680 jiwa, pelajar 1.715 jiwa, sampai kepada lain-lainya seperti pengangguran sejumlah 6.583 jiwa.

Melihat batas wilayah pada Kelurahan Benteng, sebelah baratnya berbatasan langsung dengan Kelurahan Karangtengah/Kelurahan Sukakarya,sebelah timur nya dengan Kelurahan Nyomplong, sebelah utaranya dengan Kelurahan Gunungpuyuh/Kelurahan Sriwedari, sedangkan bagian selatan Kelurahan Benteng berbatasan dengan Kelurahan Dayeuhluhur.

Wilayah Kelurahan Benteng memiliki potensi sebagai pusat edukasi dan olahraga, seperti kampus, tempat futsal, dan lain sebagainya. Potensi yang ditonjolkan salah satunya kebudayaan. Sempat menjuarai Lomba Seni Tradisional sebagai pengiring pengantin terbaik serta memainkan alat musik kecapi khas tanah sunda.

Dengan membawa nama baik Kecamatan Warudoyong maka Kelurahan Benteng pun dinilai bagus. Kesenian Sunda yang dinilai oleh Esa sudah hilang di mata masyarakat namun Kelurahan Benteng masih memiliki orang yang ahli dalam bidang tersebut.

Berbagai UKM juga ada di wilayah Kelurahan Benteng dan telah mendapatkan bantuan dari pemerintah sebesar Rp. 2.500.000 per orang. Masyarakat bisa mengajukan untuk berbagai jenis UKM-nya dengan mengirimkan proposal ke kelurahan. (cr5/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *