Pileg DPR-RI

Hergun: Pendidikan Menentukan Kualitas Bangsa

“Pendidikan harus mampu mempersiapkan warga negara agar dapat berperan aktif dalam seluruh lapangan kehidupan, cerdas, aktif, kreatif, terampil, jujur, berdisiplin dan bermoral tinggi, demokratis, dan toleran dengan mengutamakan persatuan bangsa dan bukannya perpecahan,” imbuhnya.

Untuk itu, harus terdapat solusi. Diantaranya, empat pilar pendidikan yang dicanangkan perlu dikembangkan oleh lembaga pendidikan formal. Yakni, belajar untuk mengetahui, belajar untuk melakukan sesuatu agar dapat dituntut terampil dalam melakukan sesuatu, belajar untuk menjadi seseorang dan belajar untuk menjalani kehidupan bersama.

“Seyogyanya tujuan pendidikan yang kita harapkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur,” bebernya.

Anggota DPR RI Sosialisasikan Mata Uang di SMKN 1 Cibadak

Dalam mencapai tujuan tersebut, salah satu langkah yang patut diapresiasi adalah Program Indonesia Pintar (PIP) yang dimaksudkan program bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan kurang mampu membiayai pendidikannya, sebagai kelanjutan dan perluasan sasaran dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

“Tujuan lainnya adalah meringankan biaya personal pendidikan; Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi,” imbuhnya.

Saat ini, begitu banyak program dan kebijakan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, ia berharap semua elemen sekolah dan juga pemerintah harus bersinergi secara positif untuk mewujudkan masa depan pendidikan yang berkualitas.

Laman sebelumnya 1 2 3Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *