Mendagri dan Menpan RB Dipanggil KPK

JAKARTA— Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo sengaja memanggil Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menpan RB Syafruddin hari ini Jumat (9/11).

Pemanggilan dilakukan guna membahas mengenai penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Pencegahan korupsi. “Tujuannya mengundang dua pimpinan menteri adalah guna mencoba memperkuat APIP.

Bacaan Lainnya

Karena Posisi APIP sekarang yang belum bisa memberikan check and balances secara baik kepada para eksekutif,”ucap Agus dalam konfrensi pers dikantornya. “Guna memperkuat APIP maka kita sepakat memfinalkan adalah revisi PP 18 tahun 2016,” tambahnya.

Senada dengan Agus, terkait pertemuan tersebut, juru bicara KPK Febri Diansyah membenarkan jika pihaknya sudah mengirimkan surat kepada dua kementerian tersebut untuk dapat menghadiri pertemuan dengan Pimpinan KPK.

Ini dikarenakan, KPK sudah menangani sejumlah kasus korupsi yang membelit kepala daerah, untuk menghindari terulang kembali maka aspek pencegahan perlu digencarkan. “Ada juga kajian di pencegahan yang dilakukan, bahwa sangat urgent untuk merevitalisasi APIP, baik dari aspek struktur dan independensinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo mendukung apapun langkah KPK, mengingat trend korupsi semakin meningkat maka perlu revisi PP yang dimaksudkan Agus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *