Pondok Pesantren

Melihat Pontren Manbaul Umam, Benteng-Warudoyong Kota Sukabumi

Santrinya Warga Sekitar, Hingga Komunitas ODOJ sampai Ojeker

RADARSUKABUMI.com – Pondok Pesantren (Pontren) Manbaul Umam berdiri sejak 5 Mei 2009. Pesantren yang didirikan alm KH Ai Rustandi dan kini diasuh oleh putra ketiganya, Ust Irfan Aminulloh tersebut santrinya tidak hanya warga setempat, tapi juga hadir dari berbagai daerah di Sukabumi bahkan dari komunitas ojeker dan One Day One Juz (ODOJ) Sukabumi.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Pada sebuah saung tepatnya di rumah Pengasuh Pondok Pesantren (Pontren) Manbaul Umam, Ust Irfan Aminulloh wilayah Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong, Ust Irfan Aminulloh menceritakan bahwa Pontren Manbaul Umam yang saat ini menjadi asuhannya, didirikan oleh ayah kandungnya-seorang sosok ulama Kota Sukabumi (alm) KH Ai Rustandi.

“Diawali pada 1991, alm Bapak (alm KH Ai Rustandi) mendirikan Pontren Asy’ariyyah di Tipar. Pontren Asy’ariyyah saat ini diasuh oleh kakak pertama saya,”akunya. Beranjak dari sana, alm KH Ai Rustandi kemudian mendirikan Pontren Assakinah pada 2005 di wilayah Kelurahan Sudajaya Hilir Kecamata Baros. Pontren Assakinah kini diasuh kakak kedua Ust Irfan Aminulloh bernama KH Anas Syakirulloh.

Baru pada 2009 sekitar 5 Mei, alm KH Ai Rustandi membangun pontren kembali yang diberi nama Pontren Manbaul Umam atau tempat pembinaan akhlak dan ilmu di wilayah Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi yang kini dikelola Ust Irfan Aminulloh sebagai pengasuhnya.

Ust Irfan Aminulloh mengatakan Pontren Manbaul Umam berdiri di atas tanah yang secara luas keseluruhan luasnya mencapai 2.400 meter persegi. ” Dari luas tersebut yang sudah dibangun sekitar 700 meter persegi di atas tanah pribadi,”katanya kepada Radar Sukabumi.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close