SUKABUMI

Ahmad Sanusi Belum Terpilih

Jokowi Anugerahi 6 Pahlawan Baru

SUKABUMI – Indonesia memiliki enam pahlawan nasional baru. Namun, lagi-lagi tak ada nama KH Ahmad Sanusi. Padahal, setiap tahunnya sosok pejuang asal Sukabumi ini, selalu diusulkan ke pemerintah pusat.

Lagi-lagi, jasa tokoh Sarekat Islam dan juga pendiri Al-Ittahadiyatul Islamiyah (AII) tidak masuk kategori nominasi sebagai pahlawan nasional. Padahal, secara historis perjuangannya, kiprah KH Ahmad Sanusi memiliki jasa begitu besar, terutama dalam mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Padahal, desakan sejumlah ulama dan santri Sukabumi kepada pemerintah pusat untuk segera menganugerahkan KH Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional sangatlah besar.

Keenam pahlawan baru yang penganugerahannya dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin (8/11), antara lain Depati Amir dari Bangka Belitung, Abdurrahman Baswedan dari Jogyakarta, dan Pangeran Muhammad Noor dari Kalimantan Selatan.

Lalu, ada Kasman Singodimedjo dari Jawa Tengah, Brigjen K.H Syam’un dari Banten, serta Agung Hj. Andi Depu dari Sulawesi Barat.

Dengan demikian, sejak merdeka, Indonesia sudah menetapkan 179 pahlawan. Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Laksma Imam Suprayitno mengatakan, keenam nama itu dipilih berdasarkan hasil kajian dan diskusi dengan Dewan Gelar. Di mana syarat yang diatur dalam UU 20 tahun 2009 sebagai landasannya.

1 2 3 4 5Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close