Kecamatan Warudoyong

Wilayah Pengembangan UKM

Kelurahan Warudoyong memiliki sejumlah potensi antara lain, wilayah yang terdapat sejumlah pergudangan besar, seperti untuk daur ulang kaca dan plastik. Kelurahan ini juga memiliki pengrajin kain untuk isi sofa.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Luas wilayah untuk Kelurahan Warudoyong mencapai 43, 09 Ha. Terdiri dari 5 RW dan 32 RT. Kelurahan yang dipimpin Lurah Iyan Rojiman ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 6.370 jiwa dengan 1.470 jumlah kepala keluarganya.

Melihat pekerjaan penduduk, berdasarkan informasi yang diperoleh banyak yang menjadi pedagang lepas, diperkirakan untuk mereka yang bermata pencaharian pedagang lepas sampai sekitar 894 orang. Ada juga yang menjadi pegawai negeri.

Berdasarkan data yang didapat dari Kelurahan Warudoyong jumlah PNS 73 orang, kemudian pegawai swasta sebanyak 498 jiwa, buruh karyawan 281 jiwa dan buruh kasar sebanyak 178 jiwa.

Buruh tani juga ada sebanyak 4 jiwa dan paling banyak juga penduduk yang masih menganggur dari data di Kelurahan Warudoyong sebanyak 3.416 orang.

Lurah mengaku potensi di Kelurahan Warudoyong cukup minim, namun menurutnya ada beberapa warga yang menjadi pengrajin kain untuk pembuat isi sofa juga di wilayah ini terdapat pergudangan, seperti gudang daur ulang produk kaca, daur ulang plastik, dan lain sebagainya.

Selain itu juga terdapat perumahan, dan sejumlah wirausaha masyarakat. Program di masyarakat saja yang cukup berkembang dan dirasakan manfaatnya di masyarakat.

Seperti, lurah menyebutkan sudah tiga kali berturut-turut Kelurahan Warudoyong memperoleh bantuan dari program Neighborhood Upgrading and Shelter Sector Project (NUSSP) yang salah satunya diarahkan pada pembangunan sarana mandi, cuci, kakus (MCK) yang hanya beberapa RW dan diharapakan bisa ke depannya bisa seluruh RW yang ada di Kelurahan Warudoyong.

 

(cr3/d)

Tags

Tinggalkan Balasan