Pileg DPR-RIPILPRES 2019

PDIP Jawara Gerindra Menyusul

JAKARTA – Survei LSI Denny JA untuk partai politik di 10 provinsi terbesar, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung, dan Sulawesi Selatan, pada Pemilihan Legislatif 2019 mendatang menghasilkan suara PDI Perjuangan terbanyak di lima provinsi dengan populasi penduduk terbesar.

Peneliti senior LSI, Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, bila pileg diadakan di 10 provinsi, PDIP juara paling banyak di lima provinsi yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta dan Jawa Tengah. “Terutama di Jawa Tengah, suara PDIP melonjak hampir dua kali lipat ketimbang Pileg tahun 2014,” kata Adjie di kantor LSI Denny JA, Jakarta, kemarin (2/11).

Lima provinsi lainnya yang disurvei antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Banten dan Riau. Sementara suara PDIP di lima provinsi selalu masuk 5 besar. Survei yang diambil dalam kurun waktu 4 sampai 14 Oktober 2018 itu, menggunakan metode sampling multistage random sampling di 10 provinsi.

Satu provinsi jumlah respondennya 600 orang sehingga jumlah keseluruhannya adalah 6.000 responden. Lanjut Adjie, survei ini diambil dengan turun langsung ke lapangan dengan wawancara dan kuesioner dengan margin error per provinsi kurang lebih 4,1 persen. “Survei dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA. Survei ini juga dilengkapi dengan FGD dan analisis media serta indepth interview,” bebernya.

Kendati bukan menjadi survei nasional, tapi 10 provinsi ini memiliki 72 persen jumlah pemilih nasional. Sehingga hasil dari survei ini bisa menjadi salah satu tolok ukur di Pileg 2019. Masih kata Adjie, salah satu efek peningkatan suara PDIP juga karena faktor Joko Widodo (Jokowi).

Banyak responden yang melihat bahwa Jokowi adalah PDIP. “Khususnya bagi PDIP dan Gerindra ini diuntungkan oleh pemilu serentak karena memiliki capres. Jadi coat-tail effect ini sangat berpengaruh bagi kedua partai itu,” pungkasnya.

1 2Laman berikutnya
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *