Kecamatan Cikole

Wilayah Pengembangan Subang Jaya

Kelurahan Subang Jaya dulu merupakan wilayah eks Kabupaten Sukabumi yang saat ini berkembang pesat kemajuannya. Berbagai potensi ada di Kelurahan Subang Jaya.

Laporan Rohmat Hidayat

Kelurahan Subang Jaya menurut Lurah Subang Jaya, Fery Munggaran, S.STP, M.AP merupakan kelurahan pemekaran dari Desa Cisarua. Desa Cisarua yang sebelumnya masuk wilayah Kabupaten Sukabumi akhirnya gabung ke Kota Sukabumi. Jadi boleh dikatakan Kelurahan Subang Jaya dan Cisarua adalah eks dari pemekaran Kabupaten Sukabumi.

Luas wilayah Kelurahan Subang Jaya mencapai 219, 30 Ha dengan jumlah penduduk cukup padat, yakni sebanyak sekitar 17.151 jiwa dengan 4.659 kepala keluarga. Kelurahan Subang Jaya memiliki 14 RW dan 76 RT.

Batas wilayah dari Kelurahan Subang Jaya sebelah utaranya adalah Kecamatan Sukaraja yang masuk wilayah Kabupaten Sukabumi, sebelah selatannya dengan Kelurahan Nanggeleng, sebelah baratnya dengan Kelurahan Cisaruan dan sebelah timurnya juga Cisarua.

Geliat semangat gotong royong masyarakat Kelurahan Subang Jaya masih sangat kental dan kuat. “Jadi potensi di Subang Jaya adalah sebuah pemberdayaan,”katanya.

Selain gerakan gotong royong, berdasarkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kelurahan Subang Jaya juga memiliki potensi sebagai pusat perdagangan, pemukiman, kesehatan, dan jasa. Meski ada juga potensi perumahan yang terbangun di wilayah Kelurahan Subang Jaya yang saat ini menurutnya sudah terbangun lima perumahan, antara lain ada Perumahan Green Apple, Kandara, dan lain sebagainya.

Meski dulunya masuk eks Kabupaten Sukabumi, namun lahan-lahan yang ada di Kelurahan Subang Jaya sudah padat dengan penduduk. Kelurahan inipun termasuk kelurahan terpadat di Kota Sukabumi.

Kelurahan Subang Jaya memiliki beberapa program unggulan, yang menurut Lurah, Fery antara lain pertama, program pemberdayaan prempuan. “Yaitu, program Kelompok Wanita tani(KWT),”sebutnya.

Kedua, program Kelompok Usaha Bersama (Kube). “Alhamdulillah sudah memiliki lima Kube di kelurahan ini. Alhamdulillah terus berkembang pesat,”ucap syukur kepada Allah Subhana Wa Ta’ala.

Kube ini diharapkan bisa terus meningkatkan ekonomi keluarga. Ketiga, Kelurahan Subang Jaya juga memiliki Ikatan Kader Posyandu (IKP) di bawah binaan Puskesmas Sukabumi. Ikatan terbentuk untuk menguatkan tali silaturahim para kader posyandu.

“Dengan Ikatan Kader Posyandu akan menerima usulan, masukan, keluhan, dan lain sebagainya. Sehingga, terjalin kebersamaan dengan masyarakat,”katanya yang juga menambahkan pada IKP tersebut banyak kegiatan-kegiatan positif dalam rangka peningkatan kualitas layanan posyandu kepada masyarakat. Juga adanya Komunitas Sapulidi membantu masyarakat untuk meningkatkan inovasi di Kelurahan Subang Jaya.

 

(cr3/d)

Tags

Tinggalkan Balasan