Harga Bawang Merah Naik

CIBADAK-– Harga komuditas sayuran di Pasar Tradisional Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami kenaikan. Salah satunya, harga bawang merah sebelumnya hanya Rp15 ribu per kilogram kini menembus Rp18 sampai Rp19 ribu perkilogram.

Dari informasi yang diperoleh Radar Sukabumi, kenaikan haraga komuditas tersebut sudah berlangsung selama dua Minggu terakhir. Hal itu terjadi, akibat minimnya pasokan dari tengkulak sehingga kondisi itu yang mengakibatkan terjadinya kenaikan harga.

Bacaan Lainnya

“Sudah hampir dua Minggu ini harga bawang merah memang mengalami kenaikan yang lumayan besar yakni Rp3 sampai Rp4 ribu,” kata salah seorang pedagang di Pasar Tradisional Cibadak, Imas Maryani (65) kepada koran ini, kemarin (1/11).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, kenaikan harga itu berdampak pada penurunan omset. Bagai mana tidak, konsumen bayak yang mengeluhkan karena kenaikan harga tersebut dan penjulan semakin berkurang.

“Biasanya perhari bisa menghabiskan sampai 30 kilogram bawang merah. Tetapi, karena harganya naik saat ini paling yang terjual hanya sekitar 20 kilogram,” akunya.

Menurutnya, kenaikan harga juga dipengaruhi paktor cuaca. Biasanya, pada musim kemarau banyak petani yang gagal panen yang mengakibatkan pasokan barang ke pasaran semakin berkurang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *