Masyarakat pun Bertanya, Kapan Tol Bocimi Bisa Dipakai?

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI – Pupus sudah harapan warga Sukabumi untuk bisa menikmati jalan Tol Bocimi pada bulan Oktober seperti yang dijanjikan oleh pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pernah mengatakan bahwa tol Bocimi seksi I sepanjang 15,35 kilometer siap dioperasikan akhir Oktober kemarin. Bahkan disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan meresmikannya.

Bacaan Lainnya

“Di bulan Oktober ini, ada dua jalan tol yang siap diresmikan Presiden. Kedua jalan tol ini yakni, Bocimi dan Pejagan-Pemalang,” kata Basuki beberapa waktu lalu.

Pernyataan Basuki ini pun diperkuat oleh komentar Joko Susilo selaku pihak PT Trans Jabar Tol, pimpinan proyek (Pimpro) Tol Bocimi. Joko mengklaim bahwa pengerjaan tol yang menghubungkan Bogor-Ciawi-Sukabumi itu tinggal dua persen saja.

”Beberapa pekerjaan lagi, tinggal mengecor aspal jembatan layang yang menghubungkan pintu Tol Bocimi di Cigombong dengan Jalan Raya Bogor Sukabumi,” katanya.

”Kami akan melakukan uji coba dan evaluasi ulang sebelum peresmian sama bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir Oktober 2018, mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi turut berkomentar mengenai simpang siur pengoperasian Tol Bocimi. Menurut Agus, pihaknya belum menerima kabar terbaru tentang kapan tol Bocimi diresmikan dan digunakan.

“Belum ada info yang valid,” kata Agus kepada Radarsukabumi.com.

Melihat hal ini, menurut Agus diperkirakan peresmian dan pengoperasian jalan Tol Bocimi tampaknya akan meleset dari jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah, yakni akhir Oktober kemarin.

“Kelihatannya masih mundur,” tuturnya.

Agus pun menjelaskan bahwa legislatif Kabupaten Sukabumi sementara belum dapat berbuat banyak lantaran tol Bocimi merupakan proyek dari pemerintah pusat. “Sehingga kami sifatnya pasif,” kata Agus.

Sebagai antisipasi, pihak pemkab Sukabumi akan memfungsikan jalan alternatif dan sarana pendukung jalan sekitar tol, seperti Cicurug dan Cibadak. Hal ini dimaksudkan agar setelah tol tersebut dibuka, maka jalan di wilayah Sukabumi menjadi lebih baik.

Di lain hal, tim Radarsukabumi.com sempat mencoba jalan Tol Bocimi tersebut. Dari video yang diunggah pewarta Didit Rachma Aditya, tampak jelas bahwa tol tersebut sebenarnya sudah siap difungsikan.

Jalan-jalan pada ruas jalan bebas hambatan sepanjang 54 kilometer tampak mulus dan bagus. Bahkan infrastruktur seperti lampu penerang jalan (LPJ), rambu lalu lintas hingga gerbang Tol Cigombong pun tampak telah rampung.

Maka wajar jika publik bertanya, kapan sebenarnya tol Bocimi bisa dipakai?

(izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *