Peringati HSP, Gurupala Lari 28 KM

CIKOLE– Komunitas Green Nature of Unity Place Adventure (Gurupala) Sukabumi, memberikan persembahan inspiratif pada peringatan hari sumpah pemuda tingkat Kota Sukabumi. Kali ini, komunitas pecinta alam yang didominasi pemuda itu menggaet berbagai komunitas lainnya melakukan lari sepanjang 28 kilometer dari tugu pahlawan Bojongkokosan, Parungkuda hingga ke Lapang Merdeka Kota Sukabumi.

Ketua Gurupala Sukabumi, Ganjar Ramdani Saputra mengungkapkan, dalam setiap tahunnya, pada peringatan hari hari besar komunitas pecinta alam ini selalu memberikan persembahan. Namun, pada momen HSP 2018 tersebut, pihaknya senagja menggaet komunitas lain untu melakukan lari sejauh 28 kilo meter.

Bacaan Lainnya

“Jadi lari sepanjang 28 kilo meter ini diinisiasi oleh Gurupala yang menggandeng indorunner dan Kominte Nasional Pemuda Indonesia Kota Sukabumi. Jarak yang dipilih, terinpirasi dari tanggal peringatan sumpah pemuda yang biasa dilaksanakan pada 28 Oktober,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (29/10).

Perjalanan dari tugu pahlawan ke Lapang Merdeka Kota Sukabumi, menempuh waktu sekitar 3,5 jam dengan pelari inti sepuluh orang dan 18 tim lainnya. Artinya, sepuluh pelari inti terjemahan dari bahas Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno dan jika dijumlahkan seluruhnya beranggotakan 28 orang.

“Bung Karno pernah bilang, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Nah, itulah yang menginspirasi kami untuk menjadikan 10 pelari inti, sedangkan jika digabung dengan semua tim berjumlah 28, sehingga, semuanya mengandung arti,” terangnya.

Selain memaknai sumpah pemuda, pemilihan lokasi star di Tugu Pahlawan Bojongkokosan, Parungkuda, juga sebagai penghargaannya kepada para pejuang. Dengan tujuan, bahwa kemerdekaan itu bukanlah merupakan pemberian melainkan hasil perjuangan, termasuk keterlibatan pemuda didalamnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *