Jalan Ciengang Ancur

GEGERBITUNG— Selama puluhan tahun, warga Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung menikmati jalan rusak yang sudah menyerupai kubangan kerbau. Warga setempat merasa gerah. Lantaran, jalan yang merupakan akses utama warga menuju tempat publik. Seperti, Puskesmas, sekolah, pasar dan area publik lainnya ini, tidak kunjung diperbaiki.

Terlihat badan jalan yang berada di bawah pengawasan Dinas Bina Marga Kabupaten Sukabumi ini, rusak parah dan berlubang dikala musim hujan, selain dipenuhi, lumpur jalan tersebut juga penuh dengan kubangan air. Sehingga tak ayal jika banyak pengendara lalu lintas yang terjatuh akibat menginjak jalan berlubang.

Bacaan Lainnya

Seorang warga Kampung Cimaja, Rt (2/1) Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitug, Rustam (28) mengatakan, jalan yang menghubungkan sejumlah desa yang ada di Kecamatan Gegerbitung ini, tidak pernah mendapatkan perbaikan jalan. “Sudah ada sepuluh tahun jalan di sini rusak, dan belum pernah di perbaiki. Kasian kami di wilayah sini, padahal ini akses utama kami berktivitas,” jelas Rutam kepada koran ini, kemarin (24/10).

Tak tanggung-tanggung jalan rusak parah yang berada di perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Kabupaten Cianjur Selatan tersebut, mengalami kerusakan sepanjang 20 kilometer. “Jalan rusak ini juga sering ada korban kecelakaan. Apalagi, sekarang memasuki musim hujan,” imbuhnya.

Selama ini warga berinisiatif sendiri untuk memperbaiki jalan agar bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. “Jika panen raya, warga menutup sendiri jalan-jalan berlubang agar truk pengangkut hasil panen bisa lewat. Kalau dibiarkan gak bakalan bisa lewat,” imbuhnya.

Sekertaris Desa Ciengang, Ajat mengatakan, akibat rusaknya jalan tersebut berdampak terhadap laju pertumbuhan ekonomi warga. Bahkan ia merasa prihatin saat ada warganya yang hendak akan melahirkan. “Saya suka sedih, apabila ada warga yang ingin mendapatkan perawatan dari tim medis. Karena jalannya berbatu dan dipenuhi lumpur,” katanya.

Ia pun mengaku sudah berulang kali mengajukan permohonan bantuan untuk pembangunan jalan tersebut kepada pemerintah Kabupaten Sukabumi. Namun entah kenapa, hingga saat ini bantuan yang diharapkan warga itu belum kunjung datang. “Seperti di Jalan Raya Ciengang – Cileuguk sepanjang 7 kilometer, kondisinya kian memprihatinkan. Sementara di Jalan Raya Gegernitung sepanjang 12 kilometer, rusak berat,” pungkasnya.

 

(den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *