Pasokan Gas 3 Kg Aman Sampai Akhir 2018

SUKABUMI-– Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (DKUMKM) Kabupaten Sukabumi, mengklaim ketersediaan bahan bakar gas elipiji seberat 3 Kilogram tidak akan mengalami kelangkaan hingga akhir 2018 mendatang.

Kepala Seksi Distribusi Tertib Niaga dan Pemberdayaan Konsumen Iwan Wiriawan mengatakan, kepastian itu berdasarkan hasil pantauan tim pengawas barang beredar diskopdag di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi sejak pertengahan tahun 2018 terkait stok hingga proses pendistribusian gas elpiji ke tingkat pengecer.

Bacaan Lainnya

“Sudah empat bulan terakhir ini kami terjun ke lapangan, hampir ke seluruh wilayah untuk memastikan ketersediaan gas elpiji. Hasilnya dipastikan hingga akhir tahun nanti, ketersediaan gas elpiji 3 Kg relatif aman, masyarakat tidak perlu khawatir terjadinya kelangkaan,” kata Iwan kepada koran ini, Selasa (23/10).

Lebih lanjut Iwan mengatakan, pengawasan ini dilakukan tidak hanya untuk memastikan ketersediaan bahan bakar gas elipiji saja. Tetapi juga ditujukan untuk memastikan kelancaran proses pendirstribusian dari agen hingga ke pengecer.

Sejak pertengahan tahun lalu pengawasan pendistribusian gas elpiji kian diperketat. “Langkah ini sangat penting dilaksanakan, karena kondisi cuaca yang sudah mulai memasuki musim penghujan,” ujarnya.

Dijelaskan dia, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kelangkaan gas elpiji, salah satu pemicunya adalah proses pendistribusian yang tidak lancar.

“Pada saat musim hujan, berpotensi terjadinya longsor. Bencana alam ini sangat mempengaruhi kelancaran pendistribusian hingga ke pelosok wilayah. Keterlambatan pasokan ini mengakibatkan terjadinya kelangkaan,”tuturnya.

Ia menambahkan, data tahun 2017 silam menunjukan kuota gas elpiji untuk Kabupaten Sukabumi mencapai 1,6 juta tabung gas elpiji ukuran Gas 3 Kg setiap bulannya. “Ya, kami akan terus berupaya melakukan pengecekan kepada sejumlah agen untuk selalu memastilan stok ketersediaan gas aman,” pungkasnya.

 

(bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *