Bobotoh Sulsel Taat Aturan

Pendukung Persib Bandung masih menjalani sanksi atas larangan menonton di stadion baik laga kandang maupun tandang. Termasuk di laga Persib menghadapi PSM Makassar di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Rabu (23/10).

Sekretaris Jenderal Viking Sulawesi Selatan, Taufik Adi Putra memastikan tidak ada satupun Viking Sulsel yang akan menonton pertandingan langsung di stadion. Sebelumnya, mereka telah mengeluarkan surat pernyataan publik yang menyatakan tunduk pada sanksi Komdis dan tetap mendukung Persib.

Bacaan Lainnya

“Kita disini ber-KTA (Kartu Tanda Anggota), makanya pernyataan yang saya buat itu khusus yang ber-KTA. Apapun yang terjadi di lapangan kami akan mengakui itu bagian dari kami kalau dia ber-KTA, diluar itu kami tidak bertanggungjawab. Yang ber-KTA dipastikan tidak ada yang ke stadion,” kata Taufiq Selasa (23/10).

Taufik mengakui hubungan antarsupporter di Makassar berjalan dengan baik. Dia mengakui, surat penyataan sikap tersebut juga untuk mengantisipasi oknum yang ingin mengadu domba Bobotoh dengan pendukung PSM, The Macz Man.

“Apalagi posisi PSM juga mengincar juara, yang kami takutkan ketika kami masuk ke stadion akan terjadi gesekan, yang takutnya supporter PSM kena sanksi gara-gara supporter Persib, biar nanti hubungan antar supporterrenggang. Sampai sekarang kami sangat akur,” jelas Taufik.

Jumlah anggota Viking Sulsel sebanyak 1.050 orang. Semuanya merupakan warga Jawa Barat yang tinggal di sekitar Makassar. Taufik mengakui, sebagai gantinya, telah menyiapkan rencana nobar bersama Bobotoh lainnya. “Kemungkinan di tempat biasa, daerah Veteran, itu memang kumpulnya Bobotoh,” jelas Taufik.

Viking pun telah menjemput kedatangan Persib di Makassar pada Senin (22/10) lalu. Sambutan kali ini berbeda karena mereka membawa atribut yang biasanya di bawa ke stadion. “Itu rutinitas tahunan, tapi tahun ini kita akan bikin beda, dalam artian jamuannya akan berbeda,” jelasnya.

Taufik memang menyayangkan sanksi yang dijatuhkan pada Bobotoh. Apalagi, Bobotoh di daerah lain termasuk Makassar hanya bisa bertemu Persib satu tahun sekali ketika bertandang di kandang PSM Makassar ini.

“Kalau kami harapannya sanksinya terlalu lama kalau setahun. Setidaknya sanksinya bisa dikurangi sampai akhir tahun. Itu kejadiannya kan di bandung, dampaknya juga ke kami yang di luar Bandung,” kata Taufik.

 

(net)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *